yoKeepo: Media alternatif untuk yg muda dan kepoyoKeepo



Home / Lagak / Waspada! Kejenuhan informasi bikin pusing, stres dan jantung deg-degan

Waspada! Kejenuhan informasi bikin pusing, stres dan jantung deg-degan

±Rabu, 11 Maret 2015
Waspada! Kejenuhan informasi bikin pusing, stres dan jantung deg-degan - Information overload atau kejenuhan informasi makin sering terjadi di generasi modern saat ini. Bijaklah mengakses informasi dan tetap sehat!

Information overload atau kejenuhan informasi makin sering terjadi di generasi modern saat ini. Bijaklah mengakses informasi dan tetap sehat! (Foto: blog.fulfillinghappiness.com)

Dulu alat-alat komunikasi bukanlah barang primer, sekarang kita tampaknya mau mati saja kalau sedetik saja jauh dari smartphone kita. Ini gejala information overload mulai nampak. Teknologi informasi plus  bisnis telekomunikasi informasi  ikut menyumbang perubahan perilaku penggunanya. Efeknya, di jalanan banyak ditemui orang tetap menggunakan HP saat menyetir mobil atau mengendarai sepedamotor.

Gejala information overload atau kejenuhan informasi kadang unik juga. Saya sering menemui orang berbicara dan tertawa sendiri di sepeda motornya, setelah saya amati ternyata mereka sedang bercakap-cakap lewat HP yang mereka taruh dalam helmnya. Kemajuan teknologi informasi juga makin membuat kita kecanduan informasi itu sendiri. Bisnis telekomunikasi informasi secara enggak langsung ikut "menyumbangkan" perubahan perilaku aneh seperti contoh tadi.

Dulu kita merasa nyaman-nyaman aja kalau terlambat menerima berita karena televisi baru menyiarkan keesokan harinya. Sekarang kita menuntut semua produk teknologi informasi harus real time sehingga hampir semua televisi beroperasi 24 jam termasuk TV berita dan TV anak-anak. Bisnis telekomunikasi informasi tahu betul celah ini.

Saya enggak tahu kenapa TV untuk anak-anak juga beroperasi selama 24 jam penuh? Breaking News sudah menjadi trend di televisi berita kita bahkan kadang-kadang keterusan sampai belasan jam sehingga sehingga sebenarnya tidak patut lagi dinamai breaking news.

Pokoknya, sekarang kita sudah kebanjiran dan ketagihan informasi. Praktis dari bangun tidur sampai terbangun di tengah malam kita tetap terbanjiri informasi. Bahkan kita sudah tidak bisa lagi menguasai diri sehingga kita melahap semua informasi, entah benar entah tidak, entah berguna entah tidak. Sekarang, bukan lagi informasi yang disuguhkan untuk manusia, tapi manusia yang disuguhkan untuk informasi.

Gejala di atas membuat peradaban kita sekarang seakan sudah dibuat jenuh oleh informasi. Inilah yang dinamakan gejala overload information. Newsweek dan sebuah siaran di SmartFM tahun 2009 pernah mengangkat gejala ini juga.

Information overload membuat kita semakin stres dan tertekan secara psikologi …