yoKeepo: Media alternatif untuk yg muda dan kepoyoKeepo



Home / Lagak / Wisata / Cihuy! PT KAI janji Stasiun Bondowoso aktif kembali

Cihuy! PT KAI janji Stasiun Bondowoso aktif kembali

±Kamis, 25 Desember 2014
Cihuy! PT KAI janji Stasiun Bondowoso aktif kembali - Stasiun Bondowoso yang mati sejak tahun 2004 dan jadi museum, dijanjikan hidup kembali mulai 2018.

Stasiun Bondowoso yang mati sejak tahun 2004 dan jadi museum, dijanjikan hidup kembali mulai 2018. (Foto: Pracoyo-yoKeepo.com)

Wisata Bondowoso seolah kurang terdengar gaungnya. Jalur kereta api Bondowoso “dimatikan” sejak 2004 semakin memperburuk geliat ekonomi kota ini. Selentingan kabar baik, Stasiun Bondowoso aktif kembali sempat membuat saya bersemangat mencari tahu kapan direalisasikan PT KAI.

Knowing more..

Monumen Gerbong Maut: wisata Bondowoso satu ini ngeri!

Libur Natal tahun ini saya meluncur ke kota tape ini pakai moda kereta api. Memang jalur kereta api Bondowoso sudah lama enggak aktif. Jadi pemberhentian terdekat kota Jember. Jalur darat menuju kota ini enggak dilalui jalur jalan nasional. Itu mempersulit akses nyaman wisata Bondowoso. Terbayang-bayang kenyamanan berkereta api kalau Stasiun Bondowoso aktif kembali sambil mengunjungi tempat wisata Bondowoso.

Sebuah sumber mengatakan Stasiun Bondowoso aktif kembali bukan kabar burung. Dinas Perhubungan dan DLLAJ Provinsi Jawa Timur menegaskan kini masuk tahap perencanaan teknis. Dan ini udah masuk program PT KAI secara nasional. Lega juga mendengar berita ini. Menurut Wahid Wahyudi kepala Dinas Perhubungan dan DLLAJ Jatim mengatakan rencana reaktifasi jalur kereta api Bondowoso udah masuk kajian perencanaan dan desain.

Perlu kerjasama yang baik antara dinas tersebut dan Pemerintah Kabupaten Bondowoso dalam hal pembebasan lahan di jalur rel kereta api Bondowoso. Kalau udah ngomong penggusuran, ini masalah yang rumit, lama, dan butuh keseriusan serta ketegasan pemerintah kabupaten atas nama kepentingan umum.

Kalau ini benar Stasiun Bondowoso aktif kembali, wisata kota ini akan terkena dampak positifnya. Cukup signifikan untuk meningkatkan ekonomi, usaha dan wisata. Nah terus kapan nih selesainya kalau sekarang aja masih tahap planning. Atau singkatnya kapan saya bisa berwisata ke kota tempat Monumen Gerbong Maut berdiri, tanpa harus berhenti di Jember dan ganti moda lain?

Ini kabar baiknya. Tahap pengerjaan akan dimulai tahun 2016. Kalau hitung-hitungan kasarnya diprediksi Stasiun Bondowoso “hidup” kembali tahun 2018. Terbayang sudah sedikitnya 10 tempat wisata yang wajib dikunjungi di kota tape ini: Kawah Ijen, Air Terjun Tancak Kembar, Air Terjun Belawan, Air Terjun Polo Agung, Agrowisata Kopi Arabica, Pemandangan Wringin Arak-Arak, Situs Purbakala Megalitikum, Gunung Raung, Pemandian Tasnan dan Bosamba Rafting.
[ Via: portalkbr, ilovebondowoso ]


  1. 1Stasiun kereta api Bondowoso dijanjikan aktif kembaliTampak depan Stasiun kereta api Bondowoso yang kini hanya jadi museum. Namun masih terpelihara baik oleh PT KAI.
  2. 2Stasiun kereta api Bondowoso tampak lebih dekatTampak lebih dekat Stasiun Bondowoso jadi saksi kekejaman penjajahan Belanda tahun 1947. Gerbong maut bermula dari stasiun ini.
  3. 3Monumen Gerbong Maut BondowosoPuluhan pejuang kemerdekaan Indonesia sebagai tahanan perang, gugur dalam Gerbong Maut dalam perjalanan ke Surabaya.
Keepo collections:
Wisata