yoKeepo: Media alternatif untuk yg muda dan kepoyoKeepo



Home / Lagak / Wisata / Sajian minuman es teh panas dengan teknik memasak gastronomi molekuler

Sajian minuman es teh panas dengan teknik memasak gastronomi molekuler

±Kamis, 11 Desember 2014
Sajian minuman es teh panas dengan teknik memasak gastronomi molekuler - Kebayang enggak makan sabun plus busanya? Sajian kuliner dengan teknik memasak modern gastronomi molekuler. Datang aja ke Namaaz Dining Jakarta Selatan.

Kebayang enggak makan sabun plus busanya? Sajian kuliner dengan teknik memasak modern gastronomi molekuler. Datang aja ke Namaaz Dining Jakarta Selatan. (Foto: id.openrice.com)

Bagaimana jadinya jika lagi di sebuah resto menemukan kuliner minuman es teh panas dalam daftar menu. Teknik memasak modern mampu menghadirkannya. Pernah dengar teknik gastronomi molekuler? yang jelas bukan nama kuliner lho…

Minuman es teh panas, yaa.. hal ini benar-benar terjadi. Dengan memadukan teori ilmiah (dalam hal ini fisika dan kimia) dan teknik memasak modern terciptalah teknik gastronomi molekuler. Dengan teknik tersebut anda bisa menikmati minuman es teh panas secara bersamaan.

Untuk dapat menikmatinya kita harus menaruh lidah kita tepat ditengah-tengah.  Sehingga lidah sisi kanan dapat menikmati minuman hangat dan sisi sebelah kiri kita dapat menikmati minuman dingin, ataupun sebaliknya. Teknik gastronomi molekuler tersebut terobosan teknik memasak modern.

Pengin menikmati hidangan dengan sensasi berbeda? Datang langsung ke jalan Fatmawati, Jakarta Selatan. Restoran pertama yang menghidangkan menu-menu dengan teknik gastronomi molekuler ini  bernama Namaaz Dining.

Ada menu mirip sabun plus busanya, ternyata itu kue walnut dan coklat putih. Ada juga menu tanaman dalam pot kecil ternyata tanaman itu kemangi dan mirip tanah itu oncom; namanya tumis oncom.  Ada paha ayam pedas, ternyata di dalamnya terbenam ikan woku.

Dengan teknik dan proses yang jarang orang gunakan, tak heran harganya lebih mahal dari restoran umumnya. Dikarenakan bahan dan peralatan susah ditemukan di Indonesia. Jadi harus impor langsung dari Amerika.

Untuk sebuah menu lengkap (17 macam) mulai makanan pembuka hingga penutup kita bisa merogoh kocek mulai harga  Rp 920.000. Cukup terbayar dengan kualitas dan keunikan yang kita terima.

Mungkin kita merasa ngeri dengan komposisi makanan karena embel-embel unsur kimia di dalamnya. Sebenarnya kitapun hidup tidak jauh dari unsur-unsur kimia baik dalam makanan maupun minuman.

Ambil contoh sederhana saja yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Air putih, salah satu contoh zat kimia dengan rumus kimia H2O. Ini adalah satu zat yang aman untuk kita konsumsi sehari-hari.

Secara garis besar mengkonsumsi makanan dengan teknik gastronomi molekuler ini termasuk aman asalkan makan dengan porsi tepat. Dalam tubuh kita terdapat batas maksimum konsumsi unsur-unsur kimia. Jadi jangan heran jika kita bayar mahal untuk mendapatkan porsi kecil.
[ Via: blogspot ]


Keepo collections:
Wisata