yoKeepo: Media alternatif untuk yg muda dan kepoyoKeepo



Home / Kini / Berita / Sebenarnya hemat pertamax atau premium?

Sebenarnya hemat pertamax atau premium?

±Rabu, 10 Desember 2014
Sebenarnya hemat pertamax atau premium? - Kenaikan harga BBM non subsidi bikin kita harus lebih jeli dalam berhemat. Pilih pertamax bikin mesin lebih awet atau premium hanya lebih murah Rp 1.700.

Kenaikan harga BBM non subsidi bikin kita harus lebih jeli dalam berhemat. Pilih pertamax bikin mesin lebih awet atau premium hanya lebih murah Rp 1.700. (Foto: lensaindonesia.com)

Ada pertanyaan menggelitik, lebih hemat pertamax atau premium? Dalam rangka hemat BBM dan hemat pengeluaran pemeliharaan mesin kendaraan bermotor perlu bijaksana pilih pertamax atau premium. Kenaikan harga BBM non subsidi 18 November 2014 membuat selisih harga premium dan pertamax hanya Rp 1.700.

Knowing more..

Tips wajah cantik cegah jerawat, tangan diborgol
Coba fitur baru, BBM pakai komputer sudah bisa

Akibat kenaikan harga BBM non subsidi premium menjadi Rp 8.500 per liter membuat orang bisa pilih pertamax atau premium. Ada yang berpendapat akan lebih hemat pertamax. Tips berikut sangat berguna agar enggak salah pilih saat kenaikan harga bbm non subsidi.

Mobil dengan teknologi terbaru sangat tidak menganjurkan memakai premium (nilai oktan RON 88). Hal ini disebabkan mesin dengan teknologi maju punya kompresi tinggi. Efek samping pemakain BBM dengan nilai oktan kurang dari 90 adalah piston berkerak karena sisa pembakaran. Catalytic converter pada saluran knalpot dan oksigen sensor tertumpuk kotoran.

Sistem injeksi pada mobil dengan teknologi canggih butuh BBM dengan oktan tinggi. Agar mesin berjalan efisien, bahan bakar beroktan tinggi bikin proses ledakan di ruang pembakaran sempurna. Hemat BBM jangan cuma dilihat dari segi harga saja. BBM berkualitas macam pertamax udah dilengkapi dengan teknologi tinggi. Siap dengan efisiensi mobil masa kini.

Apa saja kandungan spesial dalam pertamax? Kandungan detergensi pada pertamax punya keuntungan hebat. Dia mampu membersihkan klep juga ruang mesin pada ruang pembakaran. Kandungan aditif demusifier mampu menjaga pertamax tetap murni dari air. Akibatnya, proses pembakaran sempurna, mesin bersih dari kerak kotoran dan terhindar dari korosi mulai saluran sampai tangki bensin.

Nilai oktan 92 pada pertamax pasti punya perbedaan dengan premium. Bedanya adalah hemat BBM sampai 2 kpl. Pemakaian premium dalam jangka panjang punya efek buruk. Saat servis 40.000 km, perbedaan muncul. Performa mesin turun. Bahan bakar jadi boros. Tune up, bersih-bersih ruang pembakaran, radiator harus dikuras, minyak rem juga harus diganti. Biaya servis jadi membumbung tinggi karena “bersih-bersih” tadi. Total biaya bisa Rp 1 jutaan.

Kalau udah gini, hemat pertamax atau premium? Coba dihitung-hitung dulu deh, bisa-bisa lebih hemat jika pakai pertamax lho…
[ Via: kompas ]


Keepo collections:
Berita