yoKeepo: Media alternatif untuk yg muda dan kepoyoKeepo



Home / Lagak / Cantik / Minuman favorit mana lebih sehat, teh atau kopi?

Minuman favorit mana lebih sehat, teh atau kopi?

±Selasa, 09 Desember 2014
Minuman favorit mana lebih sehat, teh atau kopi? - Minuman teh hijau mengandung antioksidan bikin awet muda.

Minuman teh hijau mengandung antioksidan bikin awet muda. (Foto: necturajuice.com)

Manfaat minum Teh Vs manfaat minum Kopi, lebih banyak mana ya? Keduanya minuman favorit kebanyakan orang. Bagi penggemar kopi mengklaim kopi kuliner minuman menyehatkan, melindungi liver atau menurunkan asam urat. Penggemar teh juga pasti punya alasan akan manfaat minum teh.

Knowing more..

Tips wajah cantik cegah jerawat, tangan diborgol
Selesai minum kopi KFC? Makan aja gelasnya

Sebenarnya sih, masing-masing minuman favorit itu punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Keduanya minuman menyehatkan tapi dengan khasiat berbeda. Nah berikut penjelasan manfaat minum teh dan kopi, termasuk kekurangannya. Kita mulai dari minuman kopi.

Jika tanpa gula, manfaat minum kopi mencegah diabetes tipe 2. Selain itu banyak penggemar kopi merasa lebih berenergi dan efektif mengurangi rasa nyeri karena kandungan kafein di dalamnya. Sebenarnya manfaat minum teh juga tak kalah seru.

Berlama-lama nongkrong di café sambil ngopi enggak selalu buruk. Kopi melindungi lever dari penyakit kanker dan sirosis hati. Jika udah berusia 40 tahun ke atas, resiko asam urat ternyata bisa ‘dibasmi’ dengan kebiasaan ngopi. Satu lagi, memperlambat pikun.

Penyakit lain yang takluk dengan minuman kopi diantaranya Alzheimer, jantung dan insomnia. Walau minuman menyehatkan, tetap waspada kekurangannya. Keseringan minum kopi gigi jadi berwarna kuning. Yang lagi hamil perlu waspada, jangan minum kopi lebih 7 gelas sehari. Akibatnya fatal: keguguran. Kebanyakan ngopi juga beresiko aliran darah menuju jantung menurun.

Okay, sekarang giliran penggemar teh. Kita bahas manfaat minum teh dan kekurangannya. Resiko penyakit jantung bisa dikurangi dengan minum 3-4 gelas teh sehari. Untuk penyakit diabetes tipe 1, teh mampu mencegahnya. Minum teh hitam 4 kali sehari selama 6 minggu, tingkat hormon stres kortisol rendah.

Enggak seperti kopi, teh justru melindungi gigi karena kandungan fluoride di dalamnya. Teh hijau mampu melindungi tubuh dari penyakit kanker esophagus dan kanker paru. Selain itu juga mengandung antioksidan bikin awet muda. Jenis teh putih cocok yang pengin body langsing karena dapat mencegah kegemukan.

Nah sekarang apa yang perlu diwaspadai dari minum teh? Pestisida sering dijumpai pada tanaman ini sekalipun produk tersebut sudah dilabeli organik. Kandungan tanin yang besar memicu anemia. Teh juga mengandung kafein bikin tekanan darah naik dan rasa cemas. Sekarang tinggal kita lebih bijaksana aja mengkonsumsi kedua minuman favorit ini.
[ Via: kompas ]