yoKeepo: Media alternatif untuk yg muda dan kepoyoKeepo



Home / Tekno / Gadget / Facebook urutan teratas aplikasi android boros baterai

Facebook urutan teratas aplikasi android boros baterai

±Jumat, 28 Nopember 2014
Facebook urutan teratas aplikasi android boros baterai - Berjejaring sosial seakan sudah suatu kebutuhan: foto selfie, up load di Facebook. Tapi selalu waspada baterai habis. Cari tau trik nya.

Berjejaring sosial seakan sudah suatu kebutuhan: foto selfie, up load di Facebook. Tapi selalu waspada baterai habis. Cari tau trik nya. (Foto: aquila-style.com)

Aplikasi jejaring sosial dan game bisa bikin baterai gadget android boros lho!  Aplikasi android boros baterai akan menurunkan kinerja smartphone. Sekarang kita cari tahu penyebab baterai boros dan siapa saja yang jadi ‘tersangka’ nya.

Dikutip di Kompas Tekno, AVG sebuah lembaga sekuriti mengeluarkan analisa atas gadget android yang menggunakan aplikasi AVG lebih dari satu juta perangkat. Hasilnya, ada 10 aplikasi android boros baterai. Aplikasi jejaring sosial dengan pengguna aktif terbesar di dunia, Facebook nangkring di posisi teratas sebagai penyebab baterai boros.

Kenapa facebook dituding salah satu penyebab baterai boros? Karena aplikasi jejaring sosial Facebook rutin mengkoneksikan notifikasi masuk. Artinya walau enggak sedang digunakan, aplikasinya tetap koneksi dan akhirnya baterai gadget android boros.

Aplikasi android boros baterai lainnya adalah aplikasi jejaring sosial Path, kemudian berikutnya Instagram. Tak terkecuali Blackberry Messenger (BBM) masuk dalam list 10 besar yang bikin baterai gadget android boros.

Selain aplikasi jejaring sosial, game juga biang kerok pemborosan baterai. Menurut penelitian AVG, lebih dari 60 persen pengguna android menghabiskan waktu untuk main game. Dalam 10 besar aplikasi game penyebab baterai boros, empat diantaranya diborong oleh developer game mobile paling popular di android, “King” : Candy Crush Saga, Pet Rescue Saga, Bubble Witch 2 Saga, dan Farm Herous Saga.

Terus, kalau aplikasi itu emang favorit kita dan penting, bagaimana solusi (setidaknya) mengurasi pemakaian baterai agar enggak boros-boros amat? Saran AVG, matikan fungsi ‘notifikasi’ dan batasi jarak refresh aplikasi yang sering berjalan di background. Hal ini dapat dilakukan dengan membuka menu setting.

Selain cara di atas, rajin-rajin juga bersihin 'cache' aplikasi sebab lama-lama, file sampah ini besar juga untuk menghambat kinerja gadget. Contoh aja, scrolling timeline  Facebook selama 60 detik sudah menghasilkan 5MB file cache (sampah). Kalau mau tahu menu bersihin cache, cari di pengaturan 'app manager'.
[ Via: kompas ]


  1. 1Aplikasi penyita sumber daya sekaligus menurunkan kinerja perangkatFacebook menduduki peringkat pertama sebagai aplikasi boros baterai juga menurunkan kinerja gadget
  2. 2Aplikasi yang pada awal running sangat menyita baterai.Facebook lagi-lagi masuk dalam 10 besar aplikasi yang boros saat start up.
  3. 3Aplikasi paling boros didominasi aplikasi game.Tiga game bikinan King masuk dalam 10 besar aplikasi paling boros baterai.