yoKeepo: Media alternatif untuk yg muda dan kepoyoKeepo



Home / Tekno / Gadget / Aplikasi pesan Whatsapp kini punya 'notifikasi pesan dibaca'

Aplikasi pesan Whatsapp kini punya 'notifikasi pesan dibaca'

±Minggu, 09 Nopember 2014
Aplikasi pesan Whatsapp kini punya 'notifikasi pesan dibaca' - Kini, teman kita enggak bisa lagi alesan belum baca pesan Whatsapp kita karena udah ada fitur baru double check warna biru yang menandakan pesan telah dibaca.

Kini, teman kita enggak bisa lagi alesan belum baca pesan Whatsapp kita karena udah ada fitur baru double check warna biru yang menandakan pesan telah dibaca. (Foto: offoindia.com)

Update aplikasi pesan Whatsapp kini mengikuti jejak Blackberry Messanger (BBM). 'Fitur pesan terbaca' si penerima udah ada di Whatsapp. Selain menandakan pesan terkirim, tanda centang kedua juga tanda ‘ Notifikasi pesan dibaca ‘ si penerima. Notifikasi pesan dibaca itu berupa dua centang berwarna biru di akhir pesan.

Sebelumnya, aplikasi pesan Whatsapp hanya mengenal dua tipe tanda centang setelah pesan dikirim. Satu centang tanda pesan terkirim sukses dari si pengirim. Tanda dua centang mengindikasikan pesan sukses diterima si penerima pesan yang dituju. Kedua centang berwarna abu-abu.

Dengan update aplikasi pesan Whatsapp, dua centang berwarna biru adalah fitur pesan terbaca oleh si penerima pesan. Jadi ketahuan, kalau dia cuekin message kita atau enggak.

Pada halaman tanya jawab di laman resmi Whatsapp menjelaskan, fitur baru ini bisa diterapkan di broadcast messages dan group chat. Dua centang abu-abu berubah warna biru jika semua teman di grup udah baca message kita. Fitur ini udah langsung ter-update secara otomatis melalui Android dan iOS.

Tapi jangan keburu sensi kalau dua tanda centang enggak segera berubah biru.  Whatsapp menjelaskan beberapa alasan-alasan mengapa tanda dua centang tetap berwarna abu-abu. “Jika enggak melihat dua tanda centang biru di akhir message, kemungkinannya: 1. Si penerima mungkin belum buka percakapan . 2. Si penerima mungkin masih pakai fitur versi lama. 3. Si pengirim dan si penerima lagi punya masalah dengan koneksi jaringan internet.” ujar pihak Whatsapp.

Banyak orang sedang menunggu Whatsapp menanamkan fitur voice calling setelah perusahaan ini diakuisisi Facebook Februari lalu. Waktu itu, instant messaging yang punya pengguna aktif 600 juta per bulan ini dibeli dengan nilai fantastis 19 juta dolar Amerika.

Jan Koum CEO Whatsapp mengatakan mereka enggak punya pilihan lain selain harus menunda fitur voice calling sampai kuartal pertama 2015. Whatsapp sedang menangani beberapa tantangan teknis terkait koneksi jaringan lambat dan masalah akses di beberapa smartphone dan gadget lainnya. Namun, jumlah pengguna terus meningkat lebih dari 100 juta  di bulan April 2014 jadi total tak kurang 600 juta pengguna aktif.
[ Via: techtimes ]