yoKeepo: Media alternatif untuk yg muda dan kepoyoKeepo



Home / Kini / Berita / Pindad produksi 150 senapan SPR2 buat Kopassus, dunia gempar!

Pindad produksi 150 senapan SPR2 buat Kopassus, dunia gempar!

±Kamis, 06 Nopember 2014
Pindad produksi 150 senapan SPR2 buat Kopassus, dunia gempar! - Kopassus kini punya senapan sniper mematikan SPR2. Mampu merobek kendaraan lapis baja pada jarak 2 km.

Kopassus kini punya senapan sniper mematikan SPR2. Mampu merobek kendaraan lapis baja pada jarak 2 km. (Foto: m.berita8.com)

Dunia militer internasional dibikin heboh berita hadirnya senjata produksi Pindad Indonesia. Senapan sniper SPR2 namanya. Ini akan jadi senjata kopassus terbaru. Menembak sasaran pada jangkauan 2 km bukan sesuatu yang sulit. Malah bisa lebih dari itu; ini yang bikin keder  lawan.

Kadep komunikasi Pindad Sena Mulyana mengungkapkan, “ Kita (bersama PT Pindad –red) sedang bikin 150 pucuk (senapan sniper SPR2 –red) buat Kopassus, dunia international sudah gempar. Senapan (sniper –red) SPR2 ini jangkauannya sampai 2 km.” masih menurut Sena, kenapa senjata Kopassus terbaru ini ditakuti negara-negara lain, tak lain karena jenis pelurunya.

Kalau cuma tembus kendaraan lapis baja aja, peluru senjata produksi Pindad ini mampu. Apa sih rahasianya? Peluru senjata kopassus terbaru ini berukuran12,7 mm anti material. Artinya bisa merobek tank juga kendaraan lapis baja apapun. Makanya senjata produksi Pindad ini banyak ditakuti banyak negara.

Terus apa lagi hebatnya? Setelah mudah menembus lapisan baja, pelurunya lalu terbakar dan seketika meledak di dalam tank atau kendaraan lapis baja itu. Ngeri bener kemampuannya…

Senapan sniper SPR2 ini awalnya sudah dipunyai TNI lama, sejak tahun 2003. TNI beli 3 pucuk senjata mematikan ini dari negara lain. Cuma masalahnya, TNI enggak berani menguji coba. Nah, bersama PT Pindad, TNI mengujinya bareng-bareng. Tahun 2006 mulai buat sendiri lalu dan kini sedang diproduksi 150 pucuk senjata.

PT Pindad sendiri adalah perusahaan BUMN berbentuk perseroan yang bergerak di bidang industri dan manufaktur pembuatan produk militer dan komersial di Indonesia. Pindad punya karyawan kurang lebih 3000 dan berada di Bandung.

Awalnya perusahaan ini hanyalah sebuah bengkel peralatan militer di tahun 1808 dengan nama Artillerie Constructie Winkel (ACW) di Surabaya. Perkembangannya menjadi sebuah pabrik lalu pindah ke Bandung tahun 1923. Tahun 1950 pemerintah Belanda menyerahkan ke Republik Indonesia. Dari situ diberi nama Pabrik Senjata dan Mesiu (PSM) dan kini bernama PT Pindad.

Pindad pernah memproduksi peralatan militer canggih seperti kendaraan militer ANOA, Rantis Komodo hingga senapan serbu, senapan mesin, pistol, pistol mitraliur, senapan runduk, meriam Howitzer dan lain-lain.
[ Via: berita ]