yoKeepo: Media alternatif untuk yg muda dan kepoyoKeepo



Home / Lagak / Cantik / Takut hipertensi usai santap kuliner kambing, netralisir dengan minuman jus ini

Takut hipertensi usai santap kuliner kambing, netralisir dengan minuman jus ini

±Senin, 03 Nopember 2014
Takut hipertensi usai santap kuliner kambing, netralisir dengan minuman jus ini - Biar panas dan kolesterol kuliner daging kambing netral, minum aja jus timun. Adem...

Biar panas dan kolesterol kuliner daging kambing netral, minum aja jus timun. Adem... (Foto: apelgreen.com)

Segala yang berlebihan enggak baik. Tapi kalau udah khilaf mau gimana lagi? Kuliner kambing emang lezat. Ingat penyakit hipertensi mengintai karena kandungan kolesterol tinggi. Nah, ternyata minuman jus timun dapat membantu menetralisir efek negatif daging kambing.

Siapa sih yang enggak ‘ngiler’ liat olahan daging kambing? Mulai dibuat sate, gulai, sampai kuliner yummy lainnya yang menggugah nafsu makan. Tapi waspada bahaya penyakit  hipertensi mengancam kesehatan. Ingat pola hidup sehat.

Jika tubuh seseorang mengandung kadar kolestrol tinggi dalam darah, lama kelamaan ini akan menciptakan plak dalam pembuluh darah. Terus, plak yang semakin tebal akan mengurangi kelenturan pembuluh darah. Parahnya terjadi penyempitan pembuluh darah. Kalau sudah gini penyakit hipertensi akan menghantui.

Sebenarnya, segala sesuatu yang berlebihan pasti enggak baik. Dan enggak cuma daging kambing yang punya kandungan kolesterol tinggi; daging ayam dan daging sapi juga. Ada banyak cara mencegah penyakit hipertensi. Salah satunya dengan diet DASH. Di dalamnya ada konsumsi buah sayur. Nah, minuman jus timun jadi alternatif murah untuk menetralisir kandungan kolesterol tinggi.

Pendekatan diet jenis ini adalah kesimbangan pola makan. Perbanyak sayur, buah, susu rendah lemak, ikan, kacang-kacangan kering. Di sisi lain kurangi asupan lemak jenuh dari daging merah seperti kambing, minyak kelapa dan lain-lain.

Di banyak daerah, punya tips untuk menetralisir kandungan kolesterol itu. Di Aceh ada Es Timun namanya Le Boh Timun. Kuliner minuman dari buah sayur cukup manjur menetralisir kolesterol.  Minuman jus timun bisa menyejukkan unsur panas daging kambing dalam tubuh.

Biasanya kuliner daging kambing ada lalapannya. Itu bukan sekedar hiasan aja. Selain timun, tomat dan sayur lainnya sangat baik untuk berpasangan dengan daging kambing; agar tubuh netral lagi. Kalau bosen dengan lalapan, pesan aja jus timun.
[ Via: tribunnews, undefined ]