yoKeepo: Media alternatif untuk yg muda dan kepoyoKeepo



Home / None / Inilah 7 gejala ketagihan Facebook yang Mark Zuckerberg enggak duga

Inilah 7 gejala ketagihan Facebook yang Mark Zuckerberg enggak duga

±Rabu, 29 Oktober 2014
Inilah 7 gejala ketagihan Facebook yang Mark Zuckerberg enggak duga - Bayangkan jika mimpi Mark Zucekberg mengkoneksikan seluruh penduduk dunia lewat internet terwujud, yang ketagihan Facebook pasti bertambah ya?

Bayangkan jika mimpi Mark Zucekberg mengkoneksikan seluruh penduduk dunia lewat internet terwujud, yang ketagihan Facebook pasti bertambah ya? (Foto: norebbo.com)

Enggak dipungkiri, efek Facebook pada manusia cukup berarti. Negatifnya adalah disfungsi sosial berupa ‘ketagihan Facebook’. Nah, 7 gejala di bawah ini menandakan kamu enggak mau terpisah media sosial ciptaan Mark Zuckerberg ini.

Emang sih..cara mendiagnosa ‘ketagihan Facebook’ belum ada tapi dunia medis menyebut penderita kebiasaaan ini disebabkan disfungsi sosial. Malah sering juga dikategorikan berperilaku obsesif. Mungkin Mark Zuckerberg pun enggak kepikir media sosial bikinannya bisa ngefek ke kehidupan manusia seperti gejala-gejala seperti dijelaskan berikut ini.

1. Membuka Facebook adalah aktifitas pertama ketika membuka mata di pagi hari. Lalu di malam hari sebelum tidur, melakukan hal yang sama. Apalagi di siang hari… bisa berapa kali buka tutup media sosial yang punya pengguna aktif 1 milyar orang di dunia ini.

2. Merasa ‘enggak ada Facebook, enggak asik’ hidup ini. Penginnya tuh, seluruh waktu dihabiskan dengan menjelajah jejaring sosial ini. Ini gejala ketagihan Facebook yang cukup mengganggu. Enggak peduli di jam kerja, enggak peduli di acara penting keluarga, si ‘penderita’ ini akan terus masyuk dengan sosial media yang didirikan tahun 2004 ini. Karena jika enggak , dia akan berkeringat tanda kegelisahan tingkat dewa; seolah sedang enggak sehat.

3. Enggak bisa meninggalkan Facebook lebih dari sehari. Misalnya jika berada di area dimana koneksi internet lelet, dia akan gelisah karena enggak bisa memantau status yang dia post sebelumnya apakah ada komen atau like dari temannya. Semacam gejala ‘tarik ulur’ untuk terus berusaha buka Facebook.

4. Di hidup ini seakan punya ‘kewajiban’ mengecek Facebook berkali-kali di keseharian minimal satu jam. Efeknya, kewajiban lain di dunia nyata jadi terbelengkalai. Efek selanjutnya jadi masalah disfungsi sosial.

5. Menjadi insomnia karenanya jadi suatu kewajaran bagi pecandu Facebook. Padahal gangguan kurang tidur cukup berbahaya lho!

6. Ketika Facebook berubah menjadi ‘mesin waktu’ yang bisa membuat seseorang seperti terbawa ke masa lalu, artinya dia terjebak nostalgia. Kalau enggak segera di-stop, ini akan memperparah kecanduan, dan enggak bisa ‘move on’ atas suatu kejadian masa lalu.

7. Merasa tetap kesepian walau punya ribuan friends di Facebook.

Nah itulah 7 gejala kecanduan Facebook. Kira-kira Mark Zuckerberg mengalaminya enggak ya…penasaran aja sih…
[ Via: liputan6, yokeepo, wikipedia, yokeepo ]