yoKeepo: Media alternatif untuk yg muda dan kepoyoKeepo



Home / Kini / Berita / Hadiah Nobel 2014: Penemuan GPS otak oleh ilmuan Inggris

Hadiah Nobel 2014: Penemuan GPS otak oleh ilmuan Inggris

±Senin, 06 Oktober 2014
Hadiah Nobel 2014: Penemuan GPS otak oleh ilmuan Inggris - John O'Keefe bersama 2 rekannya meraih Nobel Prize 2014 di bidang kedokteran pada 6 oktober lalu di Stockholm, Swedia.

John O'Keefe bersama 2 rekannya meraih Nobel Prize 2014 di bidang kedokteran pada 6 oktober lalu di Stockholm, Swedia. (Foto: pagesay.com)

Tiga Ilmuan Inggris, ditetapkan sebagai pemenang hadiah Nobel 2014 dalam bidang Fisiologi. Mereka berhasil dalam penemuan GPS otak. Menemukan bagaimana GPS otak kita mampu menciptakan peta internal dunia nyata. Penderita penyakit Alzheimer punya kelainan di GPS otak itu.

Majelis Nobel di Karolinska Institue di Stockholm menyatakan ketiga peneliti Profesor John O’Keefe dan suami istri Mei-Brit, Edvar Moser, sebagai pemenang hadiah Nobel 2014.  Mereka dianggap berhasil atas penemuan GPS otak yaitu penemuan dari sel-sel yang merupakan positioning system di otak. Padahal filsuf juga berpendapat, berabad-abad mereka berdebat tentang bagaimana kita tahu kita berada. Menarik memang…

Pernah dengar penyakit Alzheimer? Penyakit ini adalah akibat dari serangan terhadap positioning system otak di mana degenerasi progresif neuron dari hasil otak pasien menjadi bingung setelah kehilangan memori lokasi mereka.

Terungkap bahwa Profesor John O’Keefe dan kedua rekannya yang semuanya adalah  imigran di Inggris , menemukan positioning system atau semacam penemuan GPS otak. GPS otak ini memungkinkan untuk menyesuaikan diri kita sendiri dalam ruang. Penderita penyakit Alzheimer gagal dalam proses ini.

Penemuan positioning system otak merupakan pergeseran paradigma dalam pemahaman kita tentang bagaimana ansambel sel khusus bekerja sama untuk menjalankan fungsi-fungsi kognitif yang tinggi. Ia telah membuka jalan baru untuk memahami proses kognitif lainnya, seperti memori, pemikiran dan perencanaan.

Profesor John O’Keefe yang sekaligus direktur Wellcome Sainsbury Centre for Neural Circuit dan Behaviour di UCL, menemukan komponen pertama positioning system internal otak. Itu terjadi ketika ia menemukan jenis sel di hippocampus otak yang selalu aktif ketika tikus laboratorium berada di tempat tertentu di sebuah ruangan. Nah, bagian otak itulah yang diserang penderita penyakit Alzheimer.

Penemuan yang saling melengkapi dari ketiga pemenang Hadial Nobel tadi memungkinkan pengungkapan bagaimana mamalia, termasuk manusia, mampu membangun sebuah peta internal lingkungan untuk menemukan posisi mereka dan mengetahui bagaimana untuk mendapatkan dari satu tempat ke tempat lain.

Profesor Andrew King of Oxford University mengatakan, "Penemuan oleh Profesor John O'Keefe bahwa neuron di hippocampus merevolusi pemahaman kita tentang bagaimana otak tahu di mana kita berada dan mampu menavigasi dalam lingkungan kita."

Seperti dilansir Independent.co.uk, O'Keefe menerima setengah dari total hadiah uang 8 juta Kroner Swedia. Sedangkan  kedua partnernya berbagi sisa setengahnya
[ Via: wikipedia, independent ]


Keepo collections:
Berita