yoKeepo: Media alternatif untuk yg muda dan kepoyoKeepo



Home / Lagak / Cantik / 7 Tips penyembuhan Insomnia tanpa obat ini perlu dicoba

7 Tips penyembuhan Insomnia tanpa obat ini perlu dicoba

±Sabtu, 04 Oktober 2014
7 Tips penyembuhan Insomnia tanpa obat ini perlu dicoba - Insomnia bikin kebugaran fisik dan mental terganggu. Hindari konsumsi obat tidur. Coba tips penyembuhan insomnia tanpa obat ini.

Insomnia bikin kebugaran fisik dan mental terganggu. Hindari konsumsi obat tidur. Coba tips penyembuhan insomnia tanpa obat ini. (Foto: huffingtonpost.com)

Kebutuhan waktu tidur normal manusia 6-8 jam/hari. Tapi banyak juga yang kurang tidur karena banyak alasan. Insomnia atau gangguan sulit tidur dapat disembuhkan. Penyembuhan insomnia tanpa obat sangat disarankan. Karena obat membuat dosis semakin bertambah dari waktu ke waktu untuk hasil yang diharapkan.

Knowing more..

Tips wajah cantik cegah jerawat, tangan diborgol
Tau manfaat mandi? Tidur pulas, stres ilang!

Nah, ini ada 7 tips penyembuhan insomnia tanpa obat:

1. Prinsipnya, setiap malam hanya pergi tidur jika sudah merasa mengantuk. Aneh ya? Tapi ini untuk merangsang kebutuhan waktu tidur.

2. Segera tinggalkan 'pulau kapuk' jika 15 menit belum 'melayang'.

3. Hindari 'bobok' siang. Gangguan sulit tidur malam bisa diakibatkan karena ini.

4. Jangan lakukan aktifitas lain selain tidur di kamar tidur.

5. Berdoa sebelum tidur. Jangan anggap sepele aktifitas ini. Berdoa bisa membuat kita rileks, ’meletakkan’ beban persoalan.

6. Pastikan pikiran secara pasif ke pernafasan, rasakan gerakan udara.

7. Pikirkan bahwa tidur bukan masalah.

Tidur merupakan keadaan hilangnya kesadaran secara normal dan periodik. Gangguan sulit tidur / insomnia menjadikan kita tidak punya kesempatan untuk istirahat dan memulihkan kondisi tubuh baik secara badan maupun pikiran. Aktifitas 'istirahat lelap' dianggap sebagai suatu perlindungan bagi tubuh untuk menghindarkan pengaruh-pengaruh yang merugikan kesehatan akibat kurang tidur.

Penggunaan obat dalam jangka panjang menyebabkan ketergantungan. Penyembuhan insomnia tanpa obat sangat disarankan. Mengapa? Karena pemakaian obat hipnotik selama 3 minggu, khasiatnya akan berkurang.  Maka diperlukan dosis lebih besar untuk mencapai efek yang sama. Oleh karena itu, usaha penyembuhan insomnia tanpa obat sangat penting dilakukan.

Sebetulnya kebutuhan waktu untuk tidur bagi setiap orang pasti gak sama dong… Kebiasaan 'istirahat lelap' setiap orang bervariasi tergantung kebiasaan yang dibawa semasa perkembanganya menjelang dewasa, aktifitas pekerjaan, usia, kondisi kesehatan dan lain sebagainya.

Kebutuhan tidur cukup ditentukan faktor jumlah jam dan kualitas kelelapannya. Sehingga saat bangun terasa segar kembali. Kurang tidur mengganggu kesehatan fisik maupun mental. Dari segi fisik, menyebabkan muka terlihat pucat dan mata sembab, badan lemas, dan daya tahan tubuh menurun sehingga menjadi mudah terserang penyakit dan gejala alergi.

Pada segi mental, insomnia mempengaruhi system saraf, menimbulkan perubahan suasana kejiwaan, sehingga penderita akan menjadi lesu, lamban menghadapi rangsangan, dan sulit berkonsentrasi. Pokoknya buat kawula muda yang beraktifitas tinggi, harus bisa jaga performa deh, biar bisa tetep eksis bukan?
[ Via: nhs ]