yoKeepo: Media alternatif untuk yg muda dan kepoyoKeepo



Home / Lagak / Cantik / Penting kenali gejala Batu Ginjal sejak dini

Penting kenali gejala Batu Ginjal sejak dini

±Selasa, 30 September 2014
Penting kenali gejala Batu Ginjal sejak dini - Banyak minum air putih ternyata cara ampuh mencegah penyakit batu ginjal.

Banyak minum air putih ternyata cara ampuh mencegah penyakit batu ginjal. (Foto: hajingfai.blogspot.com)

Pernah sakit pada pinggang, perut, dan saluran kemih? Bisa jadi gejala batu ginjal. Penyebab batu ginjal karena sampah urin menggumpal mirip baru. Ada beberapa tips pencegahan batu ginjal seperti jangan terlalu banyak konsumsi garam dan minumlah banyak air. Tapi kalau terkena, bagaimana pengobatan batu ginjal? Nah, sekarang kita bahas lebih detil agar terhindar dari penyakit ini.

Knowing more..

Tips wajah cantik cegah jerawat, tangan diborgol
Tau manfaat mandi? Tidur pulas, stres ilang!

Apa itu Ginjal? Organ berperan menyaring dan membuang zat-zat sisa dalam darah melalui urin. Batu ginjal merupakan gumpalan padat, keras, terbentuk di ginjal. Gumpalan ini bisa makin membesar jadi sampah di urin. Nah, itulah penyebab batu ginjal.

Lalu tampaklah gejala batu ginjal. Mulai sakit pinggang, perut, saluran kemih, mual, muntah, urin keruh/berdarah, demam dan sering buang air kecil di malam hari. Tambah parah bisa menggigil, anyang-anyangan dan kadang  muncul setelah gumpalan terbentuk besar, dan turun ke saluran kemih. Perlu tindakan pengobatan batu ginjal.

Gumpalan ini berada di ginjal, atau turun ke saluran kemih. Kalau ukuran kecil bisa keluar bersama urin, sedangkan ukuran besar tetap berada di saluran kemih. Kondisi seperti ini terasa sangat sakit. Kalau sudah gini, pengobatan batu ginjal oleh dokter sangat disarankan.

Apa penyebab batu ginjal? Bisa karena batu kalsium, kebanyakan kalsium dalam tubuh dan tidak terserap lagi untuk tulang dan otot. Lalu terbuang ke ginjal jadi gumpalan. Ada juga karena batu Struvite, terbentuk dari ammonia, zat sisa dari metabolisme protein. Biasanya gumpalan ini terbentuk pada wanita, dan setelah infeksi saluran kemih kronik. Batu asam urat juga bisa jadi penyebab penyakit ini. Itu terjadi karena kadar asam urat di urin sangat tinggi.

Ada beberapa tips pencegahan batu ginjal. Minum banyak air untuk menghasilkan urin sebanyak 0.5 liter/hari, ±6-8  gelas/hari. Jangan mengkonsumsi garam lebih dari 1500 mg/hari (± 1sendok teh), Jangan konsumsi daging lebih dari 1,6 kg daging/hari. Tes rutin darah dan urin. Mudah kan?

Apa aja langkah penderita untuk pengobatannya? Jika ukurannya kecil, diberikan obat mencegah terbentuknya gumpalan dan obat penghancur agar bisa keluar mudah bersama urin. Jika ukurannya besar, dan menyebabkan infeksi, maka dokter menghancurkan dengan alat tertentu, metode ini dikenal dengan Lithotripsy. Kalau udah sulit dikeluarkan, terpaksa pembedahan. Makanya, tetap hidup sehat ya!
[ Via: wikipedia ]