yoKeepo: Media alternatif untuk yg muda dan kepoyoKeepo



Home / Kini / Hijau / Aksi peduli Malang dengan pencabutan paku di pohon

Aksi peduli Malang dengan pencabutan paku di pohon

±Senin, 22 September 2014
Aksi peduli Malang dengan pencabutan paku di pohon - Gapema SMAN 8 Malang sedang beraksi mencabuti paku dari tubuh renta pohon di sekitar jalan Veteran.

Gapema SMAN 8 Malang sedang beraksi mencabuti paku dari tubuh renta pohon di sekitar jalan Veteran. (Foto: MakoNga/Malang Kota Bunga)

Bentuk tindakan sederhana dari para aktivis pecinta lingkungan hidup di Malang berupa pencabutan paku di pohon -pohon terlaksana 14 September lalu. Maraknya pemakuan pohon oleh ‘pengiklan gelap’ bikin Makonga, Komunitas Peduli Malang, Gapema SMAN 8, ikut peduli dengan 'kesakitan' para pohon itu.

Biasanya tangan-tangan ‘gatel’ yang suka melakukan pemakuan pohon melaksanakan aksinya di malam hari. Suatu tantangan bagi pecinta lingkungan hidup untuk bertindak. Menurut status Kristanto Tatok Budiprabowo – founder & director Makonga – di akun Facebooknya, dia merasa sangat bersyukur dibantu teman-teman dari Komunitas Peduli Malang dan Gapema SMAN 8 Malang beraksi dalam pencabutan paku di pohon -pohon sepanjang jalan Veteran tersebut.

Makonga, singkatan dari Malang kota bunga, merupakan suatu wadah apresiasi bagi tiap orang, lingkungan, dan gejala sosial hingga menebarkan cinta kasih, ketulusan dan terpenting, perdamaian. Misi dari komunitas ini yang pertama, mengapresiasi hal apapun asalkan sumbernya semangat hidup damai. Misi kedua, mendukung pemikiran dan gerakan  apapun yang bisa member pengharapan. Nah, aksi pencabutan paku di pohon adalah salah satu gerakan yang memberi pengharapan akan kelangsungan lingkungan hidup.

Intinya, Makonga adalah suatu gerakan budaya. Budaya semangat damai anti penindasan, budaya menghargai kesamaan hak, menjunjung tinggi pluralisme budaya, adat dan agama. Ada banyak layanan pelatihan disana seperti: Asset-Based Community Organization, Reframing Peace, Interfaith Dialogue, Translation and Proofreading serta Cross Culture-Culture Understanding.

Yah, walau sekedar melakukan  pencabutan paku di pohon, ini sudah suatu gerakan budaya, budaya menghargai alam dan pada akhirnya alam pasti akan membalas lebih atas penghargaan kita. Oh iya, yang pengin tau lebih banyak tentang Makonga silakan join page https://www.facebook.com/makoNga27 atau telpon aja di 0815-4095-8627.
[ Via: wix, facebook ]


Keepo collections:
Hijau