yoKeepo: Media alternatif untuk yg muda dan kepoyoKeepo



Home / Lagak / Cantik / Fakta penting diketahui tentang Flu Burung

Fakta penting diketahui tentang Flu Burung

±Kamis, 18 September 2014
Fakta penting diketahui tentang Flu Burung - Enggak perlu paranoid terhadap flu burung. Yang dibutuhkan waspada dan pola hidup sehat.

Enggak perlu paranoid terhadap flu burung. Yang dibutuhkan waspada dan pola hidup sehat. (Foto: anekasains45.wordpress.com)

Flu burung adalah penyakit infeksi disebabkan virus influenza A diantara unggas. Virus menular flu burung berpindah sesama unggas bahkan ke manusia. Gejala flu burung pada manusia biasanya batuk, nyeri tenggorakan, panas tinggi. Pengobatan flu burung belum ada yang spesifik, parahnya bisa berakibat kematian. Ngeri juga ya?

Knowing more..

Tips wajah cantik cegah jerawat, tangan diborgol
Tau manfaat mandi? Tidur pulas, stres ilang!

Virus menular flu burung ada dalam usus unggas liar dan menyebar lewat kotorannya. Jika ada kontak dengan kotoran itu, baik langsung, lewat udara atau tangan penjamahnya, inkubasi bisa 1-3 hari. Masa infeksius 1 hari sebelum sampai 3-5 hari sesudah timbul gejala flu burung. Pada anak bisa sampai 21 hari.

Pengobatan flu burung belum ada secara spesifik. Paling hanya pemberian Oseltamivir pada awal gejala sangat membantu. Tetapi jika terlambat pemberian obat ini tidak efektif. Apabila ada penderita yang disangka menderita flu burung, harus dilakukan perawatan di ruang isolasi. Yah, ini langkah pencegahan virus menular flu burung.

Sekarang, apa sih gejala flu burung pada manusia secara detil lagi? Selain batuk nyeri tenggorokan dan suhu badan di atas 38 derajat celcius, radang sal atau pernapasan atas bisa terjadi. Kadang disertai flu berat. Jika pernah ada riwayat kontak dengan unggas, wah, resiko kematian bisa tinggi!

Siapa saja yang beresiko terkena flu jenis ini? Pekerja peternakan/pemrosesan  unggas (termasuk dokter hewan/insinyur peternakan). Pekerja laboratorium yang memproses sampel pasien/unggas terjangkit juga beresiko. Pengunjung peternakan/ pemrosesan unggas dalam 1 minggu terakhir perlu juga diwaspadai. Dan yang terakhir, pernah kontak dengan penderitanya.

Nah, sekarang tips paling gampang untuk mencegahnya adalah pola hidup sehat. Sesering mungkin mencuci tangan dengan desinfektan (alcohol 70%). Budayakan higinis yang tinggi. Pakailah sarung tangan, kacamata, masker. Mereka yang rentan seperti anak-anak, orang usia lanjut, penderita penyakit  jantung, paru kronis agar menghindari peternakan unggas.

Terus bagaimana mewaspadai konsumsi daging atau telur unggas agar aman? Pilihlah daging unggas dan telur yang benar-benar sehat dan memenuhi syarat. Memasak bahan makanan dari unggas dengan cara sebagai berikut: daging dipanaskan pada suhu 80 derajat celcius selama minimal 1 menit, sedangkan telur perlu dipanaskan pada suhu 64 derajat celcius selama minimal 5 menit. Hindari memasak daging dan telur setengah matang.
[ Via: who ]