yoKeepo: Media alternatif untuk yg muda dan kepoyoKeepo



Home / Lagak / Wisata / Yuk, weekend ini wisata bahari ke Pulau Tidung Kepulauan Seribu!

Yuk, weekend ini wisata bahari ke Pulau Tidung Kepulauan Seribu!

±Minggu, 14 September 2014
Yuk, weekend ini wisata bahari ke Pulau Tidung Kepulauan Seribu! - Menikmati terumbu karang indah sambil snorkeling atau diving ternyata bisa juga dekat Jakarta. Namanya Pulau Tidung Kepulauan Seribu.

Menikmati terumbu karang indah sambil snorkeling atau diving ternyata bisa juga dekat Jakarta. Namanya Pulau Tidung Kepulauan Seribu. (Foto: itsme-itapetit.blogspot.com)

Bosan Jakarta kan? Mau kemana weekend ini?  Wisata bahari sekitar Jakarta bisa kok. Pulau Tidung Kepulauan Seribu bisa jadi pilihan. Snorkeling dan diving ngeliat terumbu karang indah. Bahkan bisa menyeberangi Jembatan Cinta. Hmm..Bukan hal yang asing sih karena memang Jakarta dekat dengan Kepulauan Seribu.

Knowing more..

Gili Bidara, Gili Kondo wisata bahari Lombok Timur: highly recommended!

Bosan Jakarta, menyeberang aja sekitar 2-3 jam sudah sampai Pulau Tidung Kepulauan Seribu. Di sana bisa naik perahu dan ber snorkeling di antara terumbu karang indah, bermain water sport, pokoknya wisata bahari beneran. Menikmati sunset, bersepeda sekitar pulau dan menikmati sunrise di Jembatan Cinta.

Ternyata  Pulau Tidung Kepulauan Seribu sendiri merupakan salah satu kelurahan di kabupaten Kepulauan Seribu, Jakarta. Pulau wisata bahari ini terdiri atas dua pulau: Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil dimana kedua pulau ini dihubungkan dengan sebuah jembatan yang dinamakan Jembatan Cinta.

Asal muasal nama Jembatan Cinta ini pun enggak ada yang tahu. Mitos nya sih barangsiapa yang melewati Jembatan Cinta ini dengan kekasihnya dan bergandengan tangan maka hubungan mereka akan awet sampai tua dan hingga maut memisahkan, tapi belum terbukti juga sih karena jembatan ini sendiri baru selesai dibangun tahun 2005.

Perkampungan  penduduk berada di pulau Tidung Besar maka pusat wisata ada disini. Fasilitas lengkap seperti penginapan, tempat makan, toko-toko dan puskesmas pun ada. Sedangkan di Pulau Tidung Kecil tidak berpenghuni, hanya mangrove dan beberapa warung kecil di tepi pantai.

Untuk bisa mencapai Pulau Tidung Kepulauan Seribu, bisa naik perahu tradisional dari Muara Angke dengan perjalanan sekitar 3 jam atau kita bisa naik speedboat dengan AC dari Marina Ancol dengan perjalanan sekitar 1-1,5 jam. Bagi mereka yang berangkat sendiri enggak perlu kuatir masalah tidur dimana karena disana sudah banyak penginapan dikelola penduduk setempat.

Urusan perut enggak perlu cemas, banyak warung penjual makanan. Enggak mau repot? Ikut aja paket tour. Paket tour 3 hari 2 malam atau 2 hari 1 malam. Kalau sekedar menghabiskan weekend, ikut aja paket 2 hari 1 malam. Dengan waktu segitu kita sudah bisa menikmati berbagai aktifitas di sana.

Oya, lebih baik datang bulan April sampai Oktober karena itu waktu terbaik berkunjung. Cuaca cenderung cerah bulan itu. Selain bulan itu banyak badai dari angin musim barat.
[ Via: blogspot ]