yoKeepo: Media alternatif untuk yg muda dan kepoyoKeepo



Home / Lagak / Cantik / Hidung sensitif atau alergi? Ini bedanya

Hidung sensitif atau alergi? Ini bedanya

±Rabu, 27 Agustus 2014
Hidung sensitif atau alergi? Ini bedanya - Hidung alergi dan hidung sensitif beda penyebabnya.

Hidung alergi dan hidung sensitif beda penyebabnya. (Foto: git.web.id)

Hidung sensitif  dan alergi punya gejala yang hampir sama dan bisa di bilang mirip yaitu pilek encer, buntu, dan bersin-bersin berkepanjangan. Terus, bagaimana tahu keduanya itu ternyata beda pencetusnya? Nah, hal ini akan semakin jelas dengan penjelasan di bawah.

Knowing more..

Tips wajah cantik cegah jerawat, tangan diborgol
Tau manfaat mandi? Tidur pulas, stres ilang!

Yang membedakan hidung sensitif dan alergi adalah pencetusnya. Pada hidung sensitif antara lain, udara dingin/suhu udara, kelembaban, emosi yang berlebih, stres, bau yang berlebihan dan bahkan euforia yang berlebihan bisa menjadi pencetusnya.

Lain halnya dengan alergi, faktor pencetusnya kebanyakan dari debu, kapuk kasur, bulu binatang. Dan pada alergi di temui gejala lain selain tiga gejala utama, yaitu gatal-gatal sekitar mata, telinga serta langit-langit mulut.  Dan itu enggak di jumpai pada hidung sensitif.

Penderita alergi dan hidung sensitif secara kasat mata tidak bisa di bedakan, tetapi untuk memastikan hal itu bisa di lakukan tes laboratorium atau tes alergi dan periksa intensif gejala nya ke dokter THT.

Pada penderita alergi seringkali di sertai dengan asma. Hal ini manyangkup prinsip One Airway One Deases yang artinya saluran pernapasan atas dan bawah merupakan satu kesatuan. Dalam penanganannya selain secara medis atau mengunakan obat juga harus di imbangi pula dengan menjaga gaya hidup dan menghindar dari faktor pencetusnya.

Hidung sensitif dan alergi kelihatan penyakit biasa dan sepele, tetapi  hal ini bisa membuat kualitas hidup menjadi berkurang. Karena akan mengganggu/berkurang daya penciuman dan pernapasan.

Maka dari itu bila sering mengalami gangguan hidung tersebut, jangan disepelekan. Segera ke dokter untuk penanganan tepat, jaga kesehatan tubuh agar tetap fit seperti makan makanan sehat juga istirahat cukup.

Akan lebih nyaman bila anda bisa bernapas dengan lega, tidak bersin-bersin setiap hari dan hidung tidak mampet.

Penulis: Agus Setyawan Saputra

Sumber: Majalah Rumah Sakit National Hospital
[ Via: batukpilek ]


Keepo collections:
Cantik