yoKeepo: Media alternatif untuk yg muda dan kepoyoKeepo



Home / Kini / Berita / Sekarang di jalan tol enggak tersedia BBM bersubsidi

Sekarang di jalan tol enggak tersedia BBM bersubsidi

±Jumat, 01 Agustus 2014
Sekarang di jalan tol enggak tersedia BBM bersubsidi - Pembatasan BBM bersubsidi mulai diberlakukan. Sementara masih di Jakarta Pusat.

Pembatasan BBM bersubsidi mulai diberlakukan. Sementara masih di Jakarta Pusat. (Foto: kaskus.co.id)

Agar konsumsi BBM bersubsidi enggak melebihi kuota APBN Perubahan 2014 (46 juta kiloliter), PT Pertamina membatasi penjualan BBM bersubsidi. Implementasi pembatasan itu mulai dari solar bersubsidi. Tuh, harus mulai ngirit nih…

Knowing more..

Coba fitur baru, BBM pakai komputer sudah bisa
Sebenarnya hemat pertamax atau premium?

Seperti dilansir antaranews.com, Ali Mundakir, Wakil Presiden Komunikasi Pertamina menyatakan pembatasan BBM bersubsidi dimulai dari solar bersubsidi per 1 Agustus 2014 (tapi sementara untuk Jakarta Pusat dulu kok).

Nah mulai 4 Agustus 2014, pembatasan solar bersubsidi mulai merembet ke SPBU-SPBU tertentu di Jawa, Bali, Sumatera dan Kalimantan mulai pk.08.00-18.00 waktu setempat. Pembataan BBM (solar) bersubsidi di kawasan tadi dikhususkan di daerah pertambangan, industri, perkebunan, dan pelabuhan. Soalnya solar bersubsidi rawan disalahgunakan di kawasan tadi.

Masih menurut Ali, pembatasan waktu dalam penjualan solar bersubsidi tidak dilakukan di SPBU yang letaknya di jalur penting distribusi logistik. Tapi pembatasan yang udah ada di Batam, Kalimantan, Bangka Belitung tetap dilanjutkan.

Gimana untuk nelayan? Mereka yang punya kapal dibawah 30 ton (melalui lembaga penyalurnya)  alokasi solar bersubsidi dipotong 20%..

Pertamina enggak asal aja loh mbatesin BBM bersubsidi. Ini udah ada landasan hukumnya, Surat Edaran BPH Migas No. 937/07/Ka BPH/2014 tanggal 24 Juli 2014.  Dan surat edaran itu juga akibat dari UU No.12 Tahun 2014 perihal APBN Perubahan  2014. Isinya kurang lebih kuota BBM bersubsidi mesti dikurangi dari 48 juta jadi 46 juta kiloliter.

Nah, kalo enggak dibatesin, kuota solar bersubsidi diprediksi bisa jebol di November tahun ini. Untuk premium, belum separah solar tapi deg-deg an juga karena diprediksi habis 19 Desember 2014. Kan biasanya menjelang tahun baru, konsumsi BBM meningkat. Nah ini perlu waspada.

Pemerintah enggak mau rugi lagi kan? Kalau APBN suruh nombokin, berat juga… Makanya Kementrian Keuangan udah lama mewanti-wanti dengan surat yang isinya enggak akan mau bayar klaim karena kelebihan kuota subsidi BBM.

Tambahan lagi, per 6 Agustus ini, kita enggak akan bisa lagi beli BBM bersubsidi di SPBU di jalan tol. Kalau mau ya Pertamax, Pertamax Plus, dan Pertamina Dex. Mulai sekarang belajar berhemat BBM nih bro…
[ Via: antaranews ]


Keepo collections:
Berita