yoKeepo: Media alternatif untuk yg muda dan kepoyoKeepo



Home / Lagak / Cantik / Mau terhindar Diabetes? Abis makan jangan langsung tidur

Mau terhindar Diabetes? Abis makan jangan langsung tidur

±Rabu, 30 Juli 2014
Mau terhindar Diabetes? Abis makan jangan langsung tidur - Waspada obesitas, bisa memicu penyakit Diabetes Melitus.

Waspada obesitas, bisa memicu penyakit Diabetes Melitus. (Foto: intiherbalindo.blogspot.com)

Diabetes Melitus emang belum ada obatnya. Banyak faktor penyebab kencing manis ini, mulai faktor keturunan, virus, obesitas sampai obat yang biasa diminum. Ada tips atau cara mengatasi penyakit ini, Okay, kita mulai dengan faktor penyebab Diabetes.

Setelah tahu gejala Diabetes di artikel sebelumnya, ternyata banyak lho, faktor yang dapat jadi penyebab kencing manis :

1. Keturunan

Sekitar 15%-20% penderita punya riwayat keluarga kencing manis. Coba diinget-inget, mama, papa, kakek, nenek kita, ada gak yang kena Diabetes? Walau prosentase penyebab diabetes nya kecil, tetap jaga diri ya…

2. Virus

Studi epidemologi di Inggris dan Swedia menunjukkan, penyakit parotitis (menyerang pankreas) menimbulkan prevelensi Diabetes meningkat pada anak. Cuman jangan terlalu dikuatirkan, angka penyebab faktor virus penyebab diabetes relatif kecil.

3. Kegemukan (obesitas)

Jelas aja, udah geraknya kurang, cadangan energinya banyak banget. So pasti meningkatkan resistensi kekebalan tubuh terhadap insulin.

4. Usia

Pada orang yang udah uzur, fungsi organ tubuh pasti menurun. Hal ini menyebabkan sel beta pankreas penghasil insulin berkurang, sensitivitas sel jaringan menurun. Artinya ketika banyak insulin mondar-mandir di sekitar jaringan tubuh, tapi enggak segera ditangkap untuk dikelola, jadinya gula darah tetep tinggi karena gak diproses oleh insulin

5. Diet

Pola makan yang enggak sesuai dengan kebutuhan tubuh jadi penyebab diabetes. Maksudnya, berlebihan karbohidrat cenderung gampang sakit kencing manis.

6. Hormon

Hormon seperti glukagon, epinephrine, dan kortison punya aktivitas berlawanan terhadap insulin. Sehingga bila produksi dari hormon tersebut meningkat, manifestasi hiperglikemia muncul, alias memperparah diabetesnya

7. Obat

Jenis obat-obatan seperti diuretika, adrenalin, corticosteroid, oral kontrasepsi, butasolidin dan obat-obat  mengandung ekstrak tiroid dapat meningkatkan kadar gula darah.

Meski belum bisa disembuhkan, sesungguhnya penderita DM tetap dapat hidup normal. Banyak kok langkah-langkah cara mengatasi Diabetes Melitus:

1. Penurunan berat badan (kalau berlebih).

2. Olahraga teratur, enggak usah yang ekstrim deh, yang penting rutin

3. Pilih karbohidrat yang lebih baik, misal mengganti beras putih dengan beras merah

4. Mengendalikan stress

5. Memeriksa kadar gula darah secara teratur. Periksa deh paling enggak 1 tahun sekali

6. Satu lagi yang penting, abis makan cari aktifitas ringan, pokoknya jangan bermalasan apalagi tidur, ntar kadar gula dalam darah naik.

Terapi Medis  dapat dikonsultasikan dengan dokter. Dengan teratur berobat dan evaluasi gula darah serta kebiasaan hidup sehat, maka target terapi pasti tercapai.

Editor: Pracoyo
[ Via: yoKeepo ]