yoKeepo: Media alternatif untuk yg muda dan kepoyoKeepo



Home / Lagak / Cantik / Ini cara mengenali gejala penyakit Diabetes

Ini cara mengenali gejala penyakit Diabetes

±Rabu, 30 Juli 2014
Ini cara mengenali gejala penyakit Diabetes - Sering ngantuk, gampang letih dan lesu bisa jadi salah satu gejala Diabetes Melitus. Be aware!

Sering ngantuk, gampang letih dan lesu bisa jadi salah satu gejala Diabetes Melitus. Be aware! (Foto: kaumhawa.com)

Diabetes Melitus atau kencing manis udah jadi masalah kesehatan dunia dua dekade terakhir. Penyakit gangguan metabolisme karbohidrat akibat kekurangan hormon insulin. Letih, lesu, trus sering mengantuk tanpa sebab bisa jadi gejalanya.

Knowing more..

Tips wajah cantik cegah jerawat, tangan diborgol
Tau manfaat mandi? Tidur pulas, stres ilang!

Penyakit Diabetes Melitus yang enggak terkontrol akan merusak pembuluh darah dan saraf. Efeknya bisa jantung koroner, luka iskemik pada kaki atau stroke. Ngeri kan?Tapi belum banyak kaum muda tahu tentang penyakit kencing manis ini.

Parahnya lagi, penyakit Diabetus Melitus meningkat drastis di Negara-Negara industri baru dan Negara berkembang kayak Indonesia dan gejala yang muncul kurang disadari. Apa sih yang terjadi kalo badan kekurangan Insulin?

# Hiperglikemia (yaitu kadar ‘gula darah puasa’ lebih dari 126 mg/dl, gula darah 2 jam setelah puasa dengan penambahan 75 gr glukosa lebih dari 200mg/dl atau kadar ‘gula darah acak’ lebih dari 200 mg/dl)
# Glikosuria (terdapat glukosa dalam air seni, hmm… serem ga ya?)
# Selain itu dapat diikuti dengan gangguan metabolisme lemak, protein, elektrolit dan air.

Sebenarnya, penyakit ini enggak mendadak muncul. Perlu waspada atas gejala-gejala yang seolah sepele dan biasa terjadi tapi gejala itu mengarah pada potensi penyakit kencing manis. Trus, gimana cara mengenali gejala kencing manis?

# Banyak kencing (poliurea); banyak minum (Polipdidsia); banyak makan/sering merasa lapar (Polifagia), namun badan cenderung kurus, tapi bukan cacingan lho yaa..
# Letih, lesu, trus sering mengantuk tanpa sebab
# Infeksi kulit dengan penyembuhan lama dan berulang
# Gangguan penglihatan
# Hingga koma pada kasus berat

Nah, sekarang kita akan kenali 2 tipe penyakit kencing manis secara klinis:

1.  Insulin Dependent Diabetes Melitus (IDDM) atau ‘diabetes melitus bergantung kepada insulin’. Jadi di tubuh kita nih, terdapat sel-sel penghasil insulin, namun mengalami kerusakan akibat autoimun disease.

Paling banyak pada orang muda, biasanya dibawah usia 30 tahun atau bahkan sejak usia anak-anak sehingga disebut juvenile onset. Diabetes jenis ini sangat tergantung pada insulin, ya jelas aja, kan insulinnya gak bisa dipakai dengan baik

2. Non Insulin Dependent Diabetes Melitus (NIDDM) atau (tidak bergantung kepada Insulin).Paling banyak menyerang orang dewasa (usia 40 tahun keatas). Biasanyadapat dikelola melalui terapi diet. Jenis ini paling banyak terjadi di masyarakat.

Editor: Pracoyo
[ Via: diabetesmelitus ]