yoKeepo: Media alternatif untuk yg muda dan kepoyoKeepo



Home / Kini / Peduli / Barack Obama dan Paus Fransiskus pun ikut ngucapin selamat Idul Fitri

Barack Obama dan Paus Fransiskus pun ikut ngucapin selamat Idul Fitri

±Selasa, 29 Juli 2014
Barack Obama dan Paus Fransiskus pun ikut ngucapin selamat Idul Fitri - Barack Obama, presiden Amerika Serikat mengucapkan selamat Idul Fitri bagi seluruh umat muslim dunia.

Barack Obama, presiden Amerika Serikat mengucapkan selamat Idul Fitri bagi seluruh umat muslim dunia. (Foto: deutsch-tuerkische-nachric)

Ramadhan telah berlalu, pemeluk Islam seluruh dunia merayakan hari kemenangan mereka, Idul Fitri. Pemimpin negara mayoritas non muslim, Amerika, Barack Obama dan pemimpin tertinggi umat Katholik sedunia, Paus Fransiskus tak ketinggalan ikut memberi ucapan selamat. Inilah salah satu bentuk peduli pemimpin dunia pada muslim sedunia.

Knowing more..

Begini cara mudah cowok tampil keren
Revalina S Temat enggak kuat nahan air mata di Hijrah Cinta

Dalam suratnya, Paus Fransiskus menulis ucapan Idul Fitri sebagai penghargaan dan tanda persahabatan dengan dunia muslim. Dalam keyakinannya, Fransiskus sebagai santo (orang suci) juga dicerminkan sebagai orang yang di masa hidupnya punya sikap menghargai dan bersahabat pada sesama manusia sepenuh hati. Makanya ketika ditasbihkan jadi Paus, dia pakai nama Fransiskus.

Presiden Barack Obama juga ngucapin selamat Idul Fitri kepada rakyatnya dan seluruh penduduk dunia. Seperti dilansir Tempo.co, istri Michelle ini menambahkan pada ucapan selamatnya, “ Bulan lalu (Ramadhan -red) adalah saat berpuasa, refleksi (diri –red), memperbarui spirit serta melayani mereka yang kurang beruntung (miskin dan membutuhkan perhatian –red).”

Obama menambahkan, perayaan Idul Fitri di Amerika bisa dikaitkan dengan pencapaian dan sumbangsih umat muslim Amerika atas pembangunan negara dan penguatan demokrasi. “Atas nama pemerintah (Amerika Serikat -red), kami berharap umat Islam di Amerika Serikat dan di seluruh dunia diberkati dan gembira. Eid Mubarak,” ucap Obama seperti dikutip newsdetik.com.

Ucapan selamat Idul Fitri seperti ini sebenarnya udah rutin disampaikan oleh Paus dan Presiden Amerika. Secara tradisi sejak 1967 Paus di Vatikan sudah melakukannya. Bedanya, dulu ucapan selamat Paus disampaikan oleh Dewan Kepausan bagi Dialog Antar Agama. Namun sejak masa kepemimpinan Paus Yohanes II, ucapan selamat Idul Fitri diucapkan secara personal oleh Paus.

Paus Fransiskus ini juga dikenal sebagai pribadi yang ‘cair’. Artinya, dia enggak suka protokoler yang berlebihan. Dia juga termasuk Paus gaul. Banyak yang nggak nyangka kalau Paus Fransiskus ternyata suka ber-selfie. Juga tak lupa 'berkicau' di jejaring sosial Twitter, sehabis melakukan kegiatan spiritualnya. Mantan Kardinal Buenos Aires, Argentina ini memang terbilang aktif. Akun Twitternya @pontifex yang berbahasa inggris, memiliki follower hampir empat juta.
[ Via: tempo, yokeepo, twitter ]