yoKeepo: Media alternatif untuk yg muda dan kepoyoKeepo



Home / Lagak / Cantik / Ternyata enggak semua seafood baik untuk ibu hamil lho!

Ternyata enggak semua seafood baik untuk ibu hamil lho!

±Minggu, 27 Juli 2014
Ternyata enggak semua seafood baik untuk ibu hamil lho! - Seafood mengandung protein baik untuk perkembangan janin. Namun makanan laut yang mengandung logam berat malah membahayakan.

Seafood mengandung protein baik untuk perkembangan janin. Namun makanan laut yang mengandung logam berat malah membahayakan. (Foto: verythai.co.uk)

Makanan yang memiliki kandungan protein tinggi seperti seafood, emang baik untuk hidup sehat ibu hamil dalam pembentukan organ tubuh janin termasuk otak. Namun waspadalah, beberapa makanan laut mengandung logam berat malah membahayakan kesehatan janinnya. Lah terus gimana baiknya?

Knowing more..

Tips wajah cantik cegah jerawat, tangan diborgol
Selesai minum kopi KFC? Makan aja gelasnya

Mitos yang berkembang, biar anak lahir cerdas, maka ibu hamil wajib mengkonsumsi banyak seafood kaya protein. Saran yang gampang sekali. Siapa sih yang enggak suka seafood? Tapi ya jangan terus gelap mata semua jenis seafood dari tempat mana aja layak dikonsumsi. Hidup sehat harus cerdas juga memilih.

Banyak limbah industri berbahaya baik dalam skala besar maupun kecil dibuang ke sungai yang bermuara di laut. Polutan air laut juga bisa berasal dari tumpahan minyak mentah kapal-kapal tanker. Salah satu polutan berbahaya bagi biota laut 'calon seafood lezat' adalah cemaran logam berat semisal timah hitam atau timbal. Inilah tantangan hidup sehat ibu hamil.

Penelitian menyatakan akumulasi logam berat diambil dari sampel rambut anak autis lebih tinggi daripada anak normal. Apa artinya? logam berat berpotensi mengakibatkan mutasi genetik yang berakibat kecacatan pada janin ibu hamil. Wih..ngeri kan? Protein penting, tapi kalau seafood mengandung polutan berbahaya, mending dihindari deh…

Timah hitam adalah logam berat, namun karena berat jenisnya lebih kecil daripada air maka mengapung di permukaan air laut. Makhluk laut yang hidupnya di daerah lepas pantai, kemungkinan terpapar zat berbahaya tadi jauh lebih besar daripada biota laut yang hidupnya di perairan dalam.

Meski protein sangat penting, ibu hamil trimester 1 enggak disaranin mengkonsumsi seafood yang area hidupnya beresiko terhadap paparan polutan berbahaya tadi. Hal ini terjadi karena trimester 1 adalah fase organogenesis awal pembentukan organ-organ vital janin.

Kalau mau sedikit kreatif, masih banyak kok makanan yang kandungan proteinnya setara dengan seafood misal ayam, ikan, telur atau susu. Bagi ibu hamil yang vegetarian, protein bisa didapatkan dari tempe atau gluten. Yang harus diingat, kecerdasan anak tidak hanya bergantung dari apa yang dimakan namun juga bergantung dari banyak hal kayak faktor genetik, pola asuh dan lingkungan sekitar.

Seseorang dikatakan sukses tidak hanya memiliki kecerdasan intelegensia tapi juga harus berimbang secara emosional? Jadi pesan penting bagi ibu yang sedang hamil, jika ingin janin tumbuh sempurna, selain menjaga kualitas makanan juga menjaga pola hidup sehat secara holistik.

Editor: Pracoyo
[ Via: wikipedia ]