yoKeepo: Media alternatif untuk yg muda dan kepoyoKeepo



Home / Lagak / Cantik / Chikungunya, virus akibat gigitan nyamuk bikin lemes sendi sebulan

Chikungunya, virus akibat gigitan nyamuk bikin lemes sendi sebulan

±Kamis, 24 Juli 2014
Chikungunya, virus akibat gigitan nyamuk bikin lemes sendi sebulan - Chikungunya, virus menular dari gigitan nyamuk yang bikin otot sendi lemes selama sebulan.

Chikungunya, virus menular dari gigitan nyamuk yang bikin otot sendi lemes selama sebulan. (Foto: loopjamaica.com)

Chikungunya. Virus penyakit menular ini menyebar melalui gigitan nyamuk. Emang sih enggak ada obatnya. Tapi penyembuhannya hanya dengan makan makanan bergizi dan istirahat yang cukup. Nah sekarang kita korek lebih jauh apa itu Chikungunya dan akibat gigitan nyamuknya.

Heboh beberapa anggota keluarga suatu komunitas mengalami penyakit misterius, dengan keluhan serupa dan hampir bersamaan. Penyakit menular? Kutukan? Atau ancaman dari pihak asing….Banyak asumsi beredar di tengah masyarakat tersebut

Selidik punya selidik oleh petugas medis setempat, mendiagnosa itu sebagai penyakit menular chikungunya. Akibatnya tak seimut namanya.Yups, suatu penyakit tergolong virus yang disebarkan kepada manusia melalui gigitan nyamuk.

Terus, apa yang terjadi pada penderita chikungunya? Mirip serangan demam berdarah atau DHF. Mulai demam tinggi, menggigil, sakit kepala, mual, muntah, sakit perut, nyeri sendi dan otot, hingga keluar bintik merah di kulit terutama di lengan dan badan.

Keluhan nyeri sendi masih terasa dalam 1 bulan setelah demam hilang. Ini yang membedakan dengan demam berdarah. Selain itu, pada chikungunya tentu aja enggak terjadi perdarahan hebat maupun shock, apalagi kematian.

Awalnya penyakit menular virus chikungunya sempat tinggal dalam tubuh perantaranya yaitu nyamuk Aedes, sebelum ia masuk ke tubuh manusia melalui gigitan nyamuk tersebut. Nyamuk Aedes yang terkenal itu? Bener banget, spesiesnya bisa Aedes aegypty atau Aedes albopictus.

Dari mana asal virus tersebut? Tentu aja bukan dari cerita dongeng…Penderita yang telah mengidap penyakit menular chikungunya menjadi awal sumber penyakit ini terus menular pada sekumpulan komunitas manusia

Karena vektor chikungunya adalah nyamuk, maka penularan penyakit ini terpengaruh sekali oleh migrasi dan musim yang dialami nyamuk Aedes.Nyamuk ini suka ‘berendam’ di air bersih.

Masa inkubasi demam chikungunya terjadi antara 2-4 hari. Adanya virus dalam darah dijumpai kebanyakan dalam 48 jam pertama. Namun dapat juga dijumpai sampai 4 hari pada beberapa pasien

Penyakit ini bersifat self limiting desease, artinya akan sembuh sendiri seiring dengan membaiknya sistem kekebalan tubuh seseorang

Enggak ada vaksin atau obat khusus untuk penyakit akibat gigitan nyamuk ini. Penderita dianjuran beristirahat cukup, makan makanan bergizi dan suplemen yang memadai untuk mempercepat kesembuhan.

Nah sekarang gimana mencegahnya? 3M (menguras, menutup, mengubur) tiap penampungan air yang bikin nyamuk demen ‘berendam’.

Editor: Pracoyo
[ Via: who, yokeepo ]


Keepo collections:
Cantik