yoKeepo: Media alternatif untuk yg muda dan kepoyoKeepo



Home / Lagak / Cantik / Awas gejala hipertensi! Cari tahu pencegahannya

Awas gejala hipertensi! Cari tahu pencegahannya

±Rabu, 23 Juli 2014
Awas gejala hipertensi! Cari tahu pencegahannya - Kepala sering pusing, kepala terasa tegang dan tengkuk berat? Bisa jadi itu gejala hipertensi.

Kepala sering pusing, kepala terasa tegang dan tengkuk berat? Bisa jadi itu gejala hipertensi. (Foto: mencengangkan.blogspot.com)

Pernah ngalamin pusing, rasa berat di tengkuk, kepala terasa tegang? Jangan sepelekan. mungkin itu gejala hipertensi. Resiko hipertensi yang kronis sangat berbahaya. Pencegahan dini perlu dilakukan.

Jangan salah sangka, hipertensi atau tekanan darah tinggi, bisa aja diderita orang muda. Angka kejadian stroke, maupun serangan jantung sebagai komplikasi yang tidak dirasakan sebelumnya makin meningkat. Sebaiknya tiap orang berumur 35 tahun ke atas wajib melakukan pemeriksaan berkala. Jika gejala hipertensi udah terasa, pencegahan jadi penting. Resiko hipertensi perlu diwaspadai.

Hipertensi umumnya dikenali pada seseorang dengan tensi 140/90 ke atas. Biasanya dokter menegakkan diagnosa ini setelah diukur 3 kali pada waktu berbeda, baru diterapi rutin. Sambil terus pantau gejala-gejala hipertensi yang muncul.

Bila tensi seseorang di 170/90 ke atas, pada beberapa kasus, untuk mengurangi terjadinya resiko hipertensi, dokter menuliskan resep untuk segera dikonsumsi untuk pencegahan resiko hipertensi lebih berat.

Banyak slogan mengatakan, "Pencegahan lebih murah dari pengobatan." Hal ini sejalan tingginya jumlah penderita yang harus langsung dirawat di ICCU tanpa merasakan gejala sebelumnya. Belum lagi setelah pulang dari rumah sakit, resep yang harus ditebus tiap bulan jadi lebih mahal karena komplikasi sudah melebar.

Seiring dengan "asuransi semesta" yang dikomandani oleh Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN), sebaiknya tiap individu bisa segera memeriksakan tensi dengan ataupun tanpa disertai gejala hipertensi.

Banyak studi menyimpulkan tekanan darah tinggi beresiko kematian dan beberapa penyakit. Jika lalai ditangani, 70 persen pasien kena jantung koroner (gagal jantung), 15 persen rusak jaringan otaknya, dan 10 persen gagal ginjal. Namun jika ada kesadaran dan mau mengontrol kondisi, resiko bisa berkurang 50 persen.

Tuh, ngeri juga ya ngebacanya. Ternyata orang muda pun enggak bisa mengelak resiko hipertensi dan penyakit turunannya. Yuk, budayakan hidup sehat!

Editor: Pracoyo
[ Via: jamsosindonesia, majalahkesehatan ]


Keepo collections:
Cantik