yoKeepo: Media alternatif untuk yg muda dan kepoyoKeepo



Home / Tekno / Oto / Mudik Lebaran pakai mobil lama? Siapa takut!

Mudik Lebaran pakai mobil lama? Siapa takut!

±Sabtu, 19 Juli 2014
Mudik Lebaran pakai mobil lama? Siapa takut! - Mau mudik lebaran pakai mobil lawas? Enggak perlu kuatir asal tau tips nya.

Mau mudik lebaran pakai mobil lawas? Enggak perlu kuatir asal tau tips nya. (Foto: otoberita.com)

Udah jadi tradisi kalau yang namanya Lebaran pasti bersilahturahmi ke sanak saudara. Bahkan sejauh apapun kadang rela ditempuh untuk bermaaf-maafan. Tapi mobil lama kira-kira kuat enggak ya diajak mudik aman? Nah ini ada tips mudik lebaran buat yoKeepoers yang pengin berlebaran rame-rame dengan keluarga tercinta dengan mobil lawas.

Mobil pribadi dalam kategori mobil lama tetap dapat diajak mudik Lebaran asal tahu tips mudik aman. Persiapan jadi suatu yang teramat penting. Dadan ramadhani, Customer Care Director PT General Motors Indonesia (GMI) kasih beberapa tips untuk pemudik yang nekat pakai mobil lama.

Dadan ngejelasin beberapa tips mudik aman. Mobil baru sih hanya cukup cek pelumas dan sistem pendingin mesin. Namun mudik Lebaran pakai mobil lama, selain ngecek kedua item tadi juga kudu ngecek komponen lain seperti tali kipas juga pompa air.

Kalau cuma digunakan sehari-hari sih komponen-komponen itu bisalah bertahan. Tapi kalau mau digunakan jarak jauh dan biar mudik aman, harus lebih kasih perhatian khusus karena rentan bermasalah.

Tali kipas, pompa air, drive belt dan sistem pendingin perlu jadi perhatian. Eh ada lagi! Rem. Untuk keperluan mudik lebaran jarak jauh pakai mobil lama, rem wajib dicek. Kalau mobil baru paling cuma dicek ketebalan kampasnya. Kalau mobil lawas, cek juga sistem perminyakannya. Bocor enggak? Volume minyak rem cukup enggak? Seal dan piringannya jangan lupa sekalian dicek.

Idealnya, minyak rem diganti kalau udah jalan 40 ribu kilometer. Untuk oli garden kudu diganti juga kalau udah menempuh 80 ribu kilometer. Pada jarak tempuh yang sama, sistem pendingin juga wajib dicek ulang.

Nah begitulah tips aman berkendara dengan mobil lawas tercinta. Selamat mudik Lebaran, tetap waspada dan silahturahmi dengan kerabat jauhpun bisa jadi berkat bagi semua..
[ Via: pk0Ml7oo ]


Keepo collections:
Oto