yoKeepo: Media alternatif untuk yg muda dan kepoyoKeepo



Home / Kini / Uang / Logout Facebook yang tampilkan iklan Jokowi itu nilainya Rp 8M sehari!

Logout Facebook yang tampilkan iklan Jokowi itu nilainya Rp 8M sehari!

±Rabu, 09 Juli 2014
Logout Facebook yang tampilkan iklan Jokowi itu nilainya Rp 8M sehari! - beriklan di halaman logout Facebook pernah dipakai Jokowi di masa kampanye seperti terlihat dalam tampilan ini.

beriklan di halaman logout Facebook pernah dipakai Jokowi di masa kampanye seperti terlihat dalam tampilan ini. (Foto: kaskus.co.id,startupbisnis.com)

Marketing bisa merubah pemenuhan 'kebutuhan' manusia jadi 'keinginan' manusia. Social media satu dari sekian tempat untuk ber iklan. Halaman logout Facebook salah satunya. Nempelin gambar segede itu muahal banget. Tapi Jokowi pernah nyobain lho!

Strategi marketing perusahaan bonafit macam Ford, Titanic, Bing berani ngeluarin biaya iklan di halaman logout Facebook hingga miliaran rupiah per harinya. Muahal buanget! Info yang didapat di Venturebeat,  biaya placement iklan ‘mencolok’ itu sebesar Rp 2 miliar lebih per hari. Tapi opsi bagi advertiser yang mau beriklan di halaman  social media itu harus ber-budget Rp 6 miliar per hari. Jadi total per hari berapa? Rp 8 miliar bung!

Oke, sekarang kembali ke Jokowi. Dia pernah ber-iklan dalam bentuk video berdurasi 34 detik di halaman logout Facebook pada masa kampanye lalu. Jarang terjadi dilakukan advertiser apalagi calon presiden lain di Indonesia. Tapi ini terobosan kampanye yang relatif baru. Dan mungkin ke depan bisa aja ada yang nyusul Jokowi mencoba keefektifannya.

Poin-poin visi-misi Jokowi akan lebih mengena ke pemilih muda yang “rela enggak makan dan tidur” asal ber-social media di Facebook. Kemungkinan dia ber iklan minimal 2 hari ( 3 dan 4 Juli 2014). Biar orang penasaran, tampilannya tertulis, “BREAKING NEWS. SAYA punya rahasia untuk ANDA! LOGOUT Facebook anda dari computer untuk melihat! HALO” kemudian ada video Jokowi yang bisa diklik untuk diputar.

Strategi marketing via logout Facebook emang relatif baru di Indonesia. Kalo enggak salah mulai sekitar 2012 an. Sebuah sumber mengatakan 37 juta warga Amerika enggak mungkin melewatkan iklan saat logout Facebook. Inilah yang ditawarkan perusahaan social media besar ini ke advertiser-advertiser besar.

Sebenarnya ber iklan di homepage website yang udah besar emang relatif mahal. Sebagai perbandingan aja, budget marketing di Yahoo atau Youtube bisa mencapai Rp 8 miliar lebih. Kayaknya hanya perusahaan-perusahaan yang ber-budget besar aja yang kuat. Gimana mau coba?  Kunjungi aja bagian marketing Facebook.
[ Via: startupbisnis, venturebeat, startupbisnis, facebook ]