yoKeepo: Media alternatif untuk yg muda dan kepoyoKeepo



Home / Tekno / iWitness: aplikasi pilpres untuk melototin TPS

iWitness: aplikasi pilpres untuk melototin TPS

±Senin, 07 Juli 2014
iWitness: aplikasi pilpres untuk melototin TPS - Pilpres 2014 tinggal beberapa jam lagi. Pilih presidenmu, awasi TPS mu. Aplikasi iWitness akan membantu melototin TPS mu.

Pilpres 2014 tinggal beberapa jam lagi. Pilih presidenmu, awasi TPS mu. Aplikasi iWitness akan membantu melototin TPS mu. (Foto: politik.kompasiana.com)

Pilpres udah dalam hitungan jam ke depan. Berbagai cara dilakukan agar pemilu berjalan jujur, jauh dari kecurangan. Kita bisa ambil bagian aktif dengan iWitness. Sebuah aplikasi untuk nglaporin kecurangan sekaligus info quick maupun real count.

Yuk kita cari tahu dulu apa itu iWitness dan fungsinya. Ide ini sebenarnya muncul dari para relawan kubu Jokowi-JK alumni ITB, yang khawatir akan potensi kecurangan di pilpres 2014 ini. Tapi aplikasi ini bisa dipakai siapa aja kok. Kan yang penting tujuannya mengawasi.

Bermodal smartphone yang terkoneksi internet, relawan saksi akan mudah mengawasi dan nglaporin bukti kecurangan pilpres yang mungkin timbul, dalam bentuk file audio, foto dan video. Hasil itung cepat (quick count) juga bisa dipelototin dari aplikasi iWitness.

iWitness bisa diunduh oleh hampir semua sistem operasi: Java, Nokia Symbian, Blackberry, Android dan iPhone. Begini caranya, buka www.2jutarelawan.com. Pilih menu DAFTAR. Lalu isi nomor HP, username, password, alamat email. Aplikasi ini juga minta kamu isi TPS mana yang akan kamu pelototin. Terus pilih SAVE.

Baru kemudian download aplikasi ini dengan memilih jenis HP atau sistem operasinya. Kalau udah selesai, install iWitness nya. Oke, selesai. Hasil rekaman dari aplikasi ini bisa langsung ke sistem sebagai bukti kuat jika terjadi kecurangan di pilpres kali ini.

Diharapkan relawan mengirimkan foto formulir C-1 di TPS yang ditongkrongin tadi. Seandainya saja semua relawan di tiap TPS tanpa kecuali melaporkan hasil perhitungan via aplikasi ini, quick count bisa jadi real count loh!

Pilpres kali ini cukup seru karena pasangan nomor urut 1 Prabowo-Hatta dan pasangan nomor urut 2 Jokowi-JK  punya jumlah pendukung yang hampir sama besarnya. Survey beberapa lembaga menyatakan kalau selisih keduanya sangat kecil. Keduanya berpeluang menang.

Apapun pilihanmu, yakinkan kalau dia mampu membawa Indonesia lebih keren dari saat ini. Golput bukan pilihan bijaksana jika peduli pada bangsa. So, pemilu 9 Juli 2014, rame-rame serbu TPS dimana kita terdaftar!
[ Via: metrotvnews ]