yoKeepo: Media alternatif untuk yg muda dan kepoyoKeepo



Home / Lagak / Wisata / Musim panas pengin minuman segar? Begini resep mudah bikin es kopi

Musim panas pengin minuman segar? Begini resep mudah bikin es kopi

±Sabtu, 05 Juli 2014
Musim panas pengin minuman segar? Begini resep mudah bikin es kopi - Gerah di musim panas, pecinta kopi yang biasanya minum yang panas, tetap bisa menikmati minuman segar kopi. Iced Coffee!

Gerah di musim panas, pecinta kopi yang biasanya minum yang panas, tetap bisa menikmati minuman segar kopi. Iced Coffee! (Foto: chefindisguise.com)

Musim panas gini minuman segar pasti banyak diminati seperti jus buah, es sirop atau es degan. Tapi bagaimana dengan pecinta kopi? Ada nih resep mudah menyegarkan di musim gerah ini. Enggak suka jus? Cobain resep spesial es kopi satu ini. Dijamin seger enggak ketulungan.

Di musim panas nan gerah ini, aktivitas rutin harus tetap berjalan namun stamina tubuh harus tetap terjaga. Kalo lagi pengin minuman segar, yang biasanya hobi ngopi pasti agak bingung. Emang minuman ini paling mantap disajikan dalam keadaan panas atau minimal hangat. Lah kalo lagi siang-siang gerah, pecinta kopi tetap mau minum yang panas?  Tambah keringetan dong. Es kopi baru pas!

Minuman segar es kopi bukan barang aneh di café macam Starbuck atau Excelso. Tapi bagi yang berdompet tipis, bikin aja sendiri. Pertama,  pecinta kopi harus punya mesin kopi. Tenang, yang jenis rumah tangga ada kok.

Ketika mau buat es kopi, ada 2 cara, Tinggal pilih yang cocok. Resep mudah pertama, sebelumnya siapkan es batu yang terbuat dari minuman kopi.  Giling biji di mesin kopi dan seduh pada level strong atau espresso ke gelas. Masukkan es batu kopi ke dalam gelas.

Atau pakai resep mudah cara kedua,  seduh dengan air dingin. Kedua metode ini emang agak beda. Seduhan panas pasti punya rasa dan keasaman yang terjaga, tapi susah di simpan jika mau diminum lain waktu. Seduhan dingin enggak kuat rasanya, keasaman berkurang. Jadi kurang berasa ngopi beneran. Tapi bisa disimpan di kulkas agak lamaan. Udah siap bikin minuman segar di musim panas? Nih resep mudah bikinnya.

Ini yang kamu butuhin:

* 1/3 cangkir biji kopi yang mantap. Bisa jenis Sumatra. Atau kalau mau lebih mantap, pakai biji asal Toraja.
* 1   ½ cangkir air dingin.
* Mesin kopi (wajib punya yah…)
* ‘Bumbu’ lain (optional): kacang, jahe, bubuk kayu manis, cokelat bubuk.

Terus diapain?

* Masukan biji kopi ke mesin dan tekan tombol ‘French’ atau kalo enggak ada tekan ‘Espresso’.
* Masukkan air dingin dan seduh. Lalu biarin di tanki nya atau masukin di jar (semacam teko dari metal) dan masukkan ke kulkas selama yang kamu inginkan. Tapi masa penyimpanan terbaik enggak boleh lebih dari 48 jam.
* Ketika pengin, tinggal tuang. Segeeerrr…

Silakan dicoba.
[ Via: huffingtonpost ]


Keepo collections:
Wisata