yoKeepo: Media alternatif untuk yg muda dan kepoyoKeepo



Home / Tekno / Gadget / Lenovo andalkan 60 model smartphone untuk kuasai pasar, mampukah?

Lenovo andalkan 60 model smartphone untuk kuasai pasar, mampukah?

±Kamis, 03 Juli 2014
Lenovo andalkan 60 model smartphone untuk kuasai pasar, mampukah? - Lenovo K900, salah satu produk andalan yang elegan dan ultra slim.

Lenovo K900, salah satu produk andalan yang elegan dan ultra slim. (Foto: lenovo.com)

Pertarungan antar vendor gadget papan atas, tahun 2014 ini bakal makin seru. Ini menyusul pernyataan Lenovo yang mengaku sudah menyiapkan 60 model smartphone,  50 persen diantaranya mendukung 4G, khusus tahun ini saja.

DigiTimes melansir klaim Lenovo yang menegaskan produknya akan terus membanjiri pasar hingga akhir tahun nanti. Kabar mengejutkan ini adalah kedua kalinya.  Beberapa waktu lalu, vendor gadget asal Cina itu mengumumkan keputusannya untuk mengakuisisi Motorola yang sebelumnya berada di bawah bendera Google. Pembelian itu tentu tak menghabiskan sedikit uang.

Tahun 2013 lalu, Lenovo juga tercatat masuk lima besar vendor smartphone dunia setelah Samsung, Apple, Acer dan Asus. Pesatnya perkembangan Lenovo ini sempat mengherankan banyak kalangan, sebab di banding Samsung misalnya, mereka harus berjuang cukup lama untuk bisa diperhitungkan di kancah bisnis perangkat.

Pertanyaannya kemudian, apa sebenarnya yang direncanakan Lenovo setelah pembelian itu dan bagaimana rencana bisnisnya ke depan untuk Motorola. Ini menjadi penting karena baik Motorola maupun Lenovo sama-sama bermain di industri smartphone.

Apalagi ternyata, 60 model gadget itu tidak termasuk dalam bagian dari perangkat-perangkat yang akan diproduksi dengan merek Motorola. Lenovo juga telah menetapkan Cina sebagai pasar utama mereka, dengan target penjualan 60 juta unit atau 75 persen dari target 80 juta unit di seluruh dunia, sejak Januari hingga Desember 2014.

Para pengamat memperkirakan, dengan target varian produk sebanyak itu, setidaknya Lenovo harus merilis 5 model baru setiap bulan. Padahal, hingga Juni 2014, produk Lenovo yang terlihat menonjol baru seri K920 untuk pasar high-end dan Lenovo A8053 untuk level low-end.

Hasilnya, kebanyakan adalah komentar bernada pesimis. Tapi masih ada waktu enam bulan ke depan bagi Lenovo untuk terus melakukan penetrasi pasar. Yang perlu diingat juga, perusahaan ini memiliki sumber  daya manusia yang cukup mumpuni.

Lenovo punya 1000 teknisi riset hardware (perangkat keras) dan 1000 tenaga di bidang pengembangan software. Belum lagi ditambah kekuatan 2000 tenaga andal dari Motorola (dengan jam terbang di bawah bendera Google) yang bakal bergabung. Siapa yang tahu apa rencana mereka?
[ Via: digitimes, lenovo ]