yoKeepo: Media alternatif untuk yg muda dan kepoyoKeepo



Home / Tekno / Gadget / Desain smartphone gaul: makin tipis, makin canggih

Desain smartphone gaul: makin tipis, makin canggih

±Sabtu, 28 Juni 2014
Desain smartphone gaul: makin tipis, makin canggih - Huawei Ascend P6, diakui sebagai ponsel tertipis di dunia. Tapi jangan salah, kecanggihan fiturnya jangan ditanyakan lagi deh...

Huawei Ascend P6, diakui sebagai ponsel tertipis di dunia. Tapi jangan salah, kecanggihan fiturnya jangan ditanyakan lagi deh... (Foto: consumer.huawei.com)

Sebelum era smartphone,generasi ponsel pertama sepenuhnya didesain untuk satu alasan: fungsi – cukup bisa membuat dan menerima panggilan. Beberapa dekade terakhir, era smartphone lebih jauh didesain sesuai gaya pemakainya. Gadget langsing tipis salah satunya. Substansi fungsi alat komunikasi ini harus juga mau 'berkorban' menuruti mau gaya bahkan kepribadian penggunanya.

24 tahun lalu, saat Nokia pertama kali meluncurkan ponsel GSM pertamanya di dunia, telah mengubah gaya berkomunikai selamanya. Telepon seluler dipakai  secara komersial dan masal. Waktu itu desain masih jauh dari penampakan ponsel saat ini yang tipis. Nokia 1011 tebalnya 45mm yang berarti 6x lebih tebal dan 4x lebih berat dari smartphone iPhone 5.

Grahan Stapleton, seorang Chief Commercial Officer pada Carphone Warehouse ngomong kalau pasar ponsel modern (smartphone) sekarang mencari sesuatu yang lebih dari sekedar perangkat komunikasi melulu. Bentuk desain, tebal tipis, gaya dan warna dapat jadi salah satu alasan mereka memutuskan untuk membelinya.

Konsumen menginginkan desain ponsel yang cocok dengan citra diri atau gaya mereka. Bahkan ingin yang sesuai dengan kepribadian mereka. Contoh, iPhone selalu masih didentikan sebagai smartphone yang mencitrakan penggunanya sebagai 'the Have'. Ini sudah menyangkut simbol status. Model langsing yang berlenggak lenggok di catwalk juga jadi inspirasi smartphone modern untuk ber 'tubuh' langsing juga. Dari segi usia, pemilik iPhone berada pada range 25 sampai 34 tahun dengan prosentase perempuan (53%) lebih tinggi dibanding pria (47%).

Graham menambahkan, orang-orang ini menginginkan sebuah ponsel yang langsung dapat dikenali dan menawarkan bentuk dan fungsi bersamaan. Smartphone  iPhone 5 cukup menggoda karena frame yang langsing, gaya panel yang di desain ulang, layar lebih besar dan bersisi gelap, sangat elegan. Itu menjadi transformasi drastis yang pernah dilakukan Apple.

Desain smartphone tipis menjadi gaya trend saat ini. Semua produsen berlomba-lomba membuat ponsel mereka setipis mungkin. Ketebalan nya enggak lebih dari 1 cm. Malah banyak yang kurang dari itu. Persaingan udah di ukuran millimeter aja. Contoh, iPhone 5, tebalnya 7.6mm. Lenovo K900 cuman 6,9 mm. Xperia Z Ultra 6,5mm, Huawei Ascend P6 tertipis di dunia 6,18mm. Tapi jangan ragu soal sensasi fitur dan tenaganya. Biasanya semakin tipis, malah semakin canggih. Makin ngiler nggak tuh bro…
[ Via: femalefirst ]


Keepo collections:
Gadget