yoKeepo: Media alternatif untuk yg muda dan kepoyoKeepo



Home / Kini / Hijau / Armadillo: Maskot Piala Dunia 2014 Brazil yang nyaris punah

Armadillo: Maskot Piala Dunia 2014 Brazil yang nyaris punah

±Minggu, 15 Juni 2014
Armadillo: Maskot Piala Dunia 2014 Brazil yang nyaris punah - Armadillo Brazil, spesies langka yang diadopsi jadi maskot Piala Dunia 2014 Brazil dengan nama Fuleco.

Armadillo Brazil, spesies langka yang diadopsi jadi maskot Piala Dunia 2014 Brazil dengan nama Fuleco. (Foto: quoteko.com)

Armadillo, hewan yang dijadikan maskot Piala Dunia 2014 Brazil dengan nama "Fuleco" ini ternyata terancam punah. Menyusutnya populasi hewan mirip trenggiling ini diakibatkan kerusakan habitat asli di Brazil.

IUCN, Asosiasi Konservasi Alam Internasional mengungkapkan, hewan bersisik ini adalah salah satu dari sejumlah spesies yang terancam punah di seluruh dunia. Populasi Armadillo Brazil atau dalam bahasa latin disebut Tolypeutes tricinctus, terus menyusut hingga tak sampai sepertiga populasinya pada sepuluh tahun lalu.

Selain armadillo, organisasi yang menggandeng PBB, organisasi-organisasi lingkungan dan pemerintah Brazil ini juga mengungkapkan, lemur, sejenis primata yang memiliki mata lebar, bernasib tak kalah memprihatinkan. IUCN merilis temuan-temuannya dalam daftar hewan-hewan yang terancam punah.

Menurut IUCN, perburuan hewan liar untuk dimakan, kini menjadi masalah serius. Pesatnya angka penebangan liar juga menjadi faktor yang mempercepat kepunahan hewan-hewan itu. Hal itu terjadi akibat peningkatan kemiskinan dan ketidakpastian politik.

Pihak penyelenggara perhelatan akbar sepak bola, Piala Dunia 2014 Brazil sendiri tampaknya memberi nama Fuleco untuk maskot armadillo bukanlah tanpa alasan. Nama itu adalah gabungan kata dalam bahasa Portugis. Ful dari  kata Futebol yang artinya sepak bola dan eco dari kata Ecologia  atau Ecology yang berarti lingkungan.

Dua kata tersebut dipilih sebagai cara untuk mensosialisasikan ajakan kepada semua orang agar menjaga keseimbangan lingkungan dunia agar habitat dan populasi hewan-hewan langka seperti Armadillo dapat terjaga dan tidak mengalami kepunahan.

Sepak bola dan Piala Dunia menjadi bagian penting dari upaya menjaga kelestarian alam dan populasi yang ada, mengingat olahraga ini sangat populer dan digemari oleh banyak orang di seluruh penjuru dunia.

Fuleco terpilih sebagai maskot Piala Dunia 2014 Brazil mengungguli 47 desain lainnya. Sosok armadillo berwarna kuning dengan mata hijau dan warna biru di bagian punggung, sangat identik dengan warna pada bendera negara asal legenda sepak bola dunia, Pele.

Dalam perjalanannya, Fuleco sukses memainkan peran penting dalam aktivitas lingkungan. Sampai-sampai, mayoritas warga Brazil bahkan meyakini, Piala Dunia kali ini bakal lebih ramah lingkungan. Sejumlah petinggi FIFA bahkan menegaskan, armadillo ini telah menjadi salah satu maskot paling sukses dalam ajang sepak bola sejagad selama ini.

Penggunaan maskot mulai ditradisikan sejak gelaran Piala Dunia 1966 yang berlangsung di Inggris. Seekor singa yang diberi nama "World Cup Willie" dipilih menjadi maskot saat itu. Terakhir, pada Piala Dunia di Afrika Selatan tahun 2010 lalu, Zakumi, seekor leopard berambut nyentrik warna hijau, menjadi maskot.
[ Via: wikipedia ]


Keepo collections:
Hijau