yoKeepo: Media alternatif untuk yg muda dan kepoyoKeepo



Home / Sport / Bola / Romantisme stadion Maracana Rio de Janeiro di mata warga Brazil

Romantisme stadion Maracana Rio de Janeiro di mata warga Brazil

±Jumat, 13 Juni 2014
Romantisme stadion Maracana Rio de Janeiro di mata warga Brazil - Stadion Maracana di Rio de Janeiro Brazil yang megah, ternyata punya banyak kenangan manis maupun sedih.

Stadion Maracana di Rio de Janeiro Brazil yang megah, ternyata punya banyak kenangan manis maupun sedih. (Foto: fifa.com)

Hingar bingar Piala Dunia 2014 di Brazil jadi trending topic di media apapun. Salah satu venue, Rio de Janeiro ikut menarik perhatian dunia. Stadion megah di kota itu, Stadion Maracana adalah tempat wisata paling menarik ke-2 di Rio. Stadion ini akan jadi saksi final Piala Dunia 13 Juli nanti.

Stadion yang oleh orang sana disebut Estadio Do Maracana ini didirikan 1950 untuk menyambut Piala Dunia. Stadion ini punya nama lain, Estadio Jornalista Mario Filho. Nama penghormatan atas kegigihan jurnalis bernama Mario Filho yang mendukung keras pendirian stadion berbiaya mahal itu walau ditentang sejumlah anggota konggres. Menarik juga ya kisahnya…

Stadion megah di Rio de Janeiro ini pernah jadi saksi bisu pertandingan dramatis final Piala Dunia 1950. Brazil tampil perkasa di babak penyisihan grup. Semua dilibasnya di rumput stadion Maracana menyisakan 2 tim di final: Brazil Vs. Uruguay.

Namun ketika peluit panjang babak final antara tuan rumah dan Uruguay dibunyikan wasit, skor enggak berubah 1-2. Brazil kalah. Enggak dinyana, tangisan 200 ribu supporter tumpah menggantikan pesta yang udah disiapkan. Kenangan yang teramat menyedihkan bagi warga Brazil.

Kegagalan itu akhirnya terobati saat Pele sang legenda mengukir rekor gol profesionalnya ke-1.000 di stadion Maracana. Ketika itu Pele bersama tim Santos mengalahkan Vasco Da Gama tahun 1969.

Lapangan bola Maracana juga jadi saksi penghormatan terakhir jenazah legenda Brazil Manuel Francico "Garrincha" dos Santos saat disemayamkan sementara di lapangan itu sebelum dikebumikan. Publik sepakbola Brazil sangat kehilangan.

Kini, dari 12 stadion  Piala Dunia 2014 yang ada di Brazil, setidaknya ada 7 pertandingan digelar di rumput Maracana termasuk partai final. Awalnya stadion ini mampu 'diduduki' 200 ribu penonton. Tapi untuk Piala Dunia 2014, kapasitasnya dikurangi menjadi 74.738 kursi saja. Biar penonton lebih aman dan nyaman menyaksikan di tiap pertandingan.

Tanpa ninggalin konsep layout stadion umumnya, proyek Maracana merubah beberapa setting kursi dan ramp (jalan menuju kursi) agar pandangan penonton lebih lega.

Yang lebih menarik adalah atap barunya. Dia mampu menahan air hujan. Tapi eksterior stadion tetap dipertahankan karena masuk daftar peninggalan seni bersejarah. So, kalau mau berlibur ke Rio de Janeiro jangan lupa mampir stadion Maracana. Feel the atmosphere of World Cup!
[ Via: kompas, fifa ]


Keepo collections:
Bola