yoKeepo: Media alternatif untuk yg muda dan kepoyoKeepo



Home / Sport / Bola / Kisah unik trofi Piala Dunia: Pernah hilang dan ditemukan anjing

Kisah unik trofi Piala Dunia: Pernah hilang dan ditemukan anjing

±Kamis, 12 Juni 2014
Kisah unik trofi Piala Dunia: Pernah hilang dan ditemukan anjing - Trofi Piala Dunia jadi dambaan semua negara di dunia ini ternyata punya kisah unik juga tragis.

Trofi Piala Dunia jadi dambaan semua negara di dunia ini ternyata punya kisah unik juga tragis. (Foto: pialadunia.viva.co.id)

Kemeriahan Piala Dunia Brazil telah dimulai. Konsentrasi kampanye pilpres akan terpecah karenanya. Tapi tau enggak sejarah trofi pemenang pertandingan sepakbola sejagat ini? Banyak kejadian unik pada trofi Piala Dunia itu. Dulu namanya bukan trofi piala dunia, pernah disimpan di kotak sepatu, pernah ilang ditemukan anjing terus ilang lagi. Akhirnya dibikin baru.

Sepanjang sejarah piala dunia, trofi emas yang didambakan timnas sepakbola manapun di bumi ini banyak mengalami kisah unik. Sebelum 1930, trofi ini masih bernama Victory. Mulai Piala Dunia pertama tahun 1930 berubah nama Piala Jules Rimet. Diambil dari nama Presiden FIFA waktu itu. Lambang kejuaraan sepakbola dunia ini terbuat dari sterling silver berlapis emas dan beralaskan lapis lazuli, batu permata langka dan didesain Abel lafteur seniman Prancis. Selama perang dunia II, trofi ini diumpetin oleh Ottorini Barassi, pejabat olahraga Itali. Takut dirampas NAZI.

Ada fakta unik lain. Saking tanggung jawabnya, piala itu disimpan di kotak sepatu di bawah tempat tidurnya. Emang sampai perang berakhir, benda berharga itu aman dari NAZI. Tapi tahun 1966, trofi Jules Rimet itu ilang dicuri waktu ada pameran. Padahal waktu itu lagi persiapan Piala Dunia di Inggris. Naas emang nasibnya…

Unik nya, seekor anjing bernama Pickles nemuin piala itu terkubur di bawah sebuah pohon. Akhirnya trofi Jules Rimet sepenuhnya jadi milik Brazil karena juara dunia sepakbola 3 kali. Eh, tapi belum selesai 'penderitaan' si trofi itu. Tahun 1983, ilang lagi dicuri di Rio de Janeiro tempat kini diadakan Piala Dunia 2014. Sampai kini masih misterius. Diduga trofi itu udah leleh jadi emas batangan. Tragis.

Tahun 1974 barulah dikenalkan Trofi Piala Dunia FIFA dengan wujud dua orang menjunjung bola bumi. Terbuat dari emas 18 karat dan beralas batu malasit. Trofi ini baru aja dipamerkan di Hotel Mulia Jakarta Januari lalu oleh Coca-Cola Global. Satu lagi yang unik, trofi ini konon belum pernah jatuh maka penjagaannyapun super ketat. Walau enggak ikut tanding, paling tidak pialanya pernah mampir ke Indonesia.
[ Via: wikipedia, detik ]


Keepo collections:
Bola