yoKeepo: Media alternatif untuk yg muda dan kepoyoKeepo



Home / Seleb / Musik / Musik Hard Rock, apa kabarmu sekarang?

Musik Hard Rock, apa kabarmu sekarang?

±Sabtu, 07 Juni 2014
Musik Hard Rock, apa kabarmu sekarang? - Grup musik bergenre hard rock, Bon Jovi, telah menjual lebih dari 40 juta album di Amerika Serikat dan lebih dari 120 juta keping di seluruh dunia

Grup musik bergenre hard rock, Bon Jovi, telah menjual lebih dari 40 juta album di Amerika Serikat dan lebih dari 120 juta keping di seluruh dunia (Foto: blogs.estadao.com.br)

Hai Guys, masih ingat grup musik Bon Jovi, Warrant, Skid Row, Poison, Van Halen dan Guns N’Roses? Gimana ya, kabar anak-anak band masa lalu itu? Grup–grup musik mereka begitu populer di tahun 1980-1990an.

Lagu–lagu seperti "You Give Love a Bad Name" punya Bon Jovi sampai lagu legendaries "Sweet Child O’mine" punya GN’R, silih berganti nangkring di Top Ten Music Chart di Indonesia, bahkan di seluruh dunia.

Ayo buka memori kalian yang saat ini berusia 30 tahun ke atas. Saat lagu–lagu mereka tenar di masanya, pasti masih berusia belasan atau mulai berusia 20an. Yakin, pasti banyak memori di masa itu.

Oke guys, tengok sejarah terciptanya Genre musik hard rock ini. Apa yang membuat genre musik ini bisa mewarnai dengan grup-grup yang melegenda sampai sekarang. Genre ini pada awalnya dipopulerkan oleh grup–grup musik Britania raya di akhir tahun 1960an, seperti Led Zeppelin dan Deep Purple. Merekalah penancap tonggak genre hard rock di Bumi ini. Anak-anak band ini bereksperimen dari genre rock and roll dengan menambahkan bentuk Blue Rock dan Acid Rock yang lebih keras.

Beberapa album mereka rilis dengan genre Hard rock dan mendapatkan sambutan bagus dari penggemar musik Rock & Roll. Sepanjang tahun 1970an, di semua negara mulai memunculkan grup-grup musik cadas yang melegenda hingga sekarang, Aerosmith, Van Halen, Bad Company, Bon Jovi, Skid Row, AC/DC, meskipun akhirnya AC/DC menyebut musik mereka beraliran Heavy Metal.

Sebagian besar sangat dipengaruhi musik blues dan rock & roll, dengan memakai dua orang gitaris sebagai lead gitar dan rhythm gitar. Peran keduanya sangat menentukan dalam musik hard rock. Gitaris utama memainkan solo gitar, gitaris kedua melengkapi permainan lead gitar dan memberikan harmoni bagi pemusik yang memainkan alat lain. Memasuki era 1980–1990an mulailah hard rock ini menambahkan lead kibor sebagai pemanis harmoni dalam lagu–lagu mereka.

Genre ini mencapai puncak popularitas tahun 1990an, grup–grup baru banyak bermunculan, dengan lagu–lagu yang manis dan semakin modern di masa itu. Kalian yang masa remajanya di era 1990an pasti akan kangen dengan lagu–lagu dan grup–grup musik di era itu kan?

Seiring waktu, bermunculan genre–genre musik yang lebih grunge, heavy metal, dan modern metal yang diusung Pearl jam, Nirvana, Korn, Limp Bizkit, Linkin Park. Perlahan Genre hard Rock mulai ditinggalkan. Namun yoKeepo yakin, bagi penggemar musik Hard Rock, genre ini tetap menjadi kenangan tak terlupakan. Keep on rockin’ guys… Hard rock never dies…!!!
[ Via: wikipedia ]