yoKeepo: Media alternatif untuk yg muda dan kepoyoKeepo



Home / Kini / Berita / Ahok akan 'bangkitkan' Si Pitung di Marunda?

Ahok akan 'bangkitkan' Si Pitung di Marunda?

±Kamis, 05 Juni 2014
Ahok akan 'bangkitkan' Si Pitung di Marunda? - Ahok berencana bangun bandara baru khusus logistik di daerah Marunda Jakarta Utara.

Ahok berencana bangun bandara baru khusus logistik di daerah Marunda Jakarta Utara. (Foto: VIVAnews/Ikhwan Yanua)

Wagub DKI Jakarta, Ahok, punya rencana bikin bandara sendiri milik Pemprov DKI di kawasan Jakarta Utara. Marunda lebih tepatnya. Bahkan Si Pitung kabarnya akan “dibangkitkan” kembali olehnya. Loh, kok bisa ? Nah, berikut ini ceritanya.

Pria yang bernama lengkap Basuki Tjahaja Purnama itu punya impian bahwa distribusi logistik di kawasan pemprov akan bergairah dan cepat jika punya bandara sendiri. Keuntungan yang lain, beban kepadatan penerbangan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta bisa lebih ringan. Menurut bapak 3 anak ini, bandara dibangun dekat Marunda.

Ketika di Balaikota Jakarta Rabu lalu, Ahok yang kini berperan sebagai Pelaksana Tugas Gubernur DKI Jakarta sempat iseng nanya ke wartawan, “Kira-kira nanti (bandaranya –red.) namanya apa ya?” Seorang wartawan nyeletuk “Si Pitung aja (nama bandaranya –red.) Pak.” Dengan wajah serius, Ahok menimpali,"Oh iya, benar (ide nama itu –red.). Si Pitung International Airport (Marunda –red.). Keren juga ya,"

Kenapa ya si wartawan punya ide nama bandara “Si Pitung”? Ternyata di kampong Marunda lah berdiri rumah Si Pitung.  Si Pitung adalah sosok pendekar Betawi yang membela keadilan bagi yang tertindas penguasa (penjajah Belanda). Mirip Robin Hood gitu lah..

Bulan lalu wacana pembangunan bandara Pemprov DKI  “Si Pitung” ini dilontarkan saat Ahok bertemu Dirut PT.Marindo Bahtera Development Oentoro Surya. Perusahaan itu merupakan perancang  calon airport baru itu. Selain bandara, Pemprov DKI juga akan mendirikan pelabuhan diantara Tanjung Priok dan Ancol, di Jakarta Utara juga. Di tangan dingin Jokowi dan Ahok benar-benar akan moncer ekonominya ke depan.

Lalu untuk pelabuhan, kira-kira mau dinamain apa ya? Ada usul? Aha! Bagaimana kalau “Si Jampang”! Jawara Betawi juga kan.
[ Via: kompas ]


Keepo collections:
Berita