yoKeepo: Media alternatif untuk yg muda dan kepoyoKeepo



Home / Lagak / Cantik / 6 Tips cegah kerutan dan menjaga wajah tetap cantik

6 Tips cegah kerutan dan menjaga wajah tetap cantik

±Senin, 26 Mei 2014
6 Tips cegah kerutan dan menjaga wajah tetap cantik - Sering mengernyitkan dahi tanpa disadari ternyata bisa mengakibatkan kerutan datang lebih awal pada wajah.

Sering mengernyitkan dahi tanpa disadari ternyata bisa mengakibatkan kerutan datang lebih awal pada wajah. (Foto: seputarsemarang.com)

Problem kulit seperti kerutan, kusam, kering dan flek, dapat diatasi dengan perawatan wajah yang benar serta pencegahan dini. Dokter Ayu Mutiara dari Larissa Aesthetic Center Kudus memberi tips untuk mencegah kerutan datang lebih awal atau yang disebut  penuaan dini.

Menurut dokter Ayu, sejumlah kebiasaan perlu dihindari jika ingin wajah tetap sehat dan cantik tanpa kerutan. "Tidur telungkup atau wajah menghadap bantal, bisa menyebabkan timbulnya 'garis tidur' yang berpotensi menjadi kerutan," ungkap ahli kecantikan Larissa Aesthetic Center Kudus ini.

Berikut ini tipsnya:

1. Gunakan tabir surya setiap hari
Gunakan tabir surya dengan SPF minimal 15 serta sebisa mungkin hindari terkena paparan sinar matahari pada jam 10 pagi – 4 siang, ketika matahari sedang bersinar dengan teriknya. Dengan menggunakan tabir surya ada 2 keuntungan yang didapat, yaitu : meminimalkan timbulnya kerutan kelak serta melindungi kulit dari kemungkinan terkena kanker kulit, yang dapat berakibat fatal.

2. Hindarkan terkena sinar matahari secara langsung
Dengan menggunakan kacamata yang dapat menghalangi sinar UV saat beraktifitas di luar ruangan, juga dapat melindungi area kulit yang sensitif di sekitar mata. Selain itu payung dan topi juga dapat digunakan untuk melindungi dari sinar matahari yang terik.

3. Tidur telentang
Apabila tidur dengan muka menghadap bantal, maka dapat menyebabkan timbulnya ‘garis tidur’ yang seiring dengan bertambahnya usia dapat menjadi kerutan. Hal ini mungkin masalah kebiasaan yang sulit untuk diubah, tetapi jika dapat mengubahnya maka dapat mengurangi timbulnya garis halus kelak di kemudian hari.

4. Jangan merokok
Merokok selain dapat menyebabkan timbulnya masalah kesehatan seperti kanker, juga dapat menyebabkan timbulnya kerutan. Sebuah hasil penelitian menunjukkan bahwa kerutan dini akan meningkat karena konsumsi rokok serta jangka waktu kebiasaan merokok tersebut. Perokok berat terlihat memiliki lima kali lebih banyak kerutan dibandingkan yang bukan perokok. Para peneliti menduga bahwa merokok akan mempercepat terjadinya kerutan karena merusak lapisan kolagen. Gerakan mulut saat merokok juga akan menimbulkan atau memperburuk kerutan di sekitar mulut.

5. Gunakan pelembab
Menggunakan pelembab dapat secara sementara memperbaiki kerutan karena menghaluskan kulit. Pelembab bekerja dengan mengunci kelembaban di permukaan kulit. Walaupun hasil terlihat sementara, tetapi jika digunakan rutin dapat membantu memperbaiki tekstur kulit dan menjaga kelembabannya.

6. Ekspresi wajah
Beberapa orang cenderung mengerutkan dahi, membelalakkan mata, atau mengernyitkan alis mata setiap saat. Hasilnya, kerutan akan lebih terlihat pada area itu. Seringkali dilakukan dengan tidak sadar. Untuk memastikan bisa dengan memperhatikan wajah di cermin dan amati ekspresi wajah yang sering dilakukan. Mengubah kebiasaan itu bisa menjaga kulit terhindar dari kerutan dini.
[ Via: facebook ]