yoKeepo: Media alternatif untuk yg muda dan kepoyoKeepo



Home / Lagak / Wisata / Lontong Sayur Koyor Bu Agus: Tujuan wisata kuliner baru di Semarang

Lontong Sayur Koyor Bu Agus: Tujuan wisata kuliner baru di Semarang

±Senin, 26 Mei 2014
Lontong Sayur Koyor Bu Agus: Tujuan wisata kuliner baru di Semarang - Kedai Lontong Sayur Koyor Bu Agus, di kawasan Jl. Hayam Wuruk atau alur jalan samping gedung Bank Indonesia Semarang. Bukanya mulai pukul 06.00 sampai pukul 10.

Kedai Lontong Sayur Koyor Bu Agus, di kawasan Jl. Hayam Wuruk atau alur jalan samping gedung Bank Indonesia Semarang. Bukanya mulai pukul 06.00 sampai pukul 10. (Foto: yoKeepo/fahmi)

Sudah nyobain Lontong Sayur Koyor? Setelah 'blusukan' sambil wisata kuliner di kawasan Simpang Lima Semarang saat Car Free Day, Minggu, 25 Mei 2014 kemarin, akhirnya ketemu juga menu ini di Kedai Lontong Sayur Koyor Bu Agus. Kedai ini terletak di Jl. Hayam Wuruk, samping gedung Bank Indonesia Semarang.

Ancer-ancernya, masuk dari Jalan Imam Bardjo, lalu belok kanan, setelah itu ada pertigaan belok ke kiri. Nah, kedainya terletak di sisi kiri jalan. Dan sepertinya saya beruntung, karena Bu Agus ternyata hanya berjualan Lontong Sayur Koyor di tempat itu setiap hari minggu. Buka lapaknya berbarengan dengan waktu Car Free Day Semarang, mulai jam 06.00 sampai jam 10.00 pagi.

Apa sih bedanya menu kuliner ini dengan lontong sayur yang lain? Di Semarang ini, mulai dari kaki lima sampai bintang lima, biasanya menawarkan lontong sayur a la Padang, yang tentu saja bukan kuliner khas Jawa Tengah. Lontong Sayur Bu Agus ini lebih mirip lontong lodeh atau lontong sayur a la Jawa Timur dengan modifikasi.

"Untuk Lontong Sayur ini memakai bumbu merah pedas dengan racikan khusus," kata Bu Agus.

Nah, salahsatu modif yang dilakukan Bu Agus, sang pemilik kedai, yaitu menggunakan koyor sebagai lauk utamanya. Sebutan lain untuk kikil, bagian dalam atau urat kaki sapi ini memang khas banget di Jawa Tengah. Diantaranya yang sering diobrolin adalah Gudeg Koyor Semarangan dan Nasi Koyor Purworejo. Tapi kalau lontong sayur koyor, memang baru Bu Agus ini yang memulainya.

Meski kaki lima, kedai Bu Agus ini rupanya sudah punya banyak pelanggan. Seperti Minggu, 25 Mei 2014 pagi, kedai nampak ramai. Mereka warga Semarang dan sekitarnya yang selepas jalan-jalan di seputar kawasan Car Free Day Simpang Lima, mampir ke kedai ini.

Soal rasa, memang kuliner khas kedai Bu Agus ini sangat enak. Selain pakai koyor, ada juga pilihan menu tambahan seperti pakai telor, ayam, ataupun ampela ati. Sekitar 2-3 kilogram koyor ludes dalam empat jam itu.

Selain hari Minggu, Bu Agus ternyata juga siap menerima pesanan pelanggan. Cukup menelpon ke 0878-3117-3989, berapa porsipun yang dipesan, siap diantar ke tempat. Coba yuk!
[ Via: yokeepo ]


  1. 1Menu Kedai Lontong Sayur Koyor Bu AgusPilihan menu di Kedai Lontong Sayur Koyor Bu Agus. Dicoba yuk!
  2. 2Pelanggan menikmati lontong sayurPelanggan asyik menikmati sajian kuliner di kedai Lontong Sayur Koyor Bu Agus.
  3. 3Koyor siap saji di Kedai Bu AgusSekitar 2-3 kg koyor ludes terjual dalam 4 jam setiap hari Minggu.
Keepo collections:
Wisata