yoKeepo: Media alternatif untuk yg muda dan kepoyoKeepo



Home / Tekno / Samsung dan Boeing bikin smartphone antariksa untuk astronot

Samsung dan Boeing bikin smartphone antariksa untuk astronot

±Sabtu, 24 Mei 2014
Samsung dan Boeing bikin smartphone antariksa untuk astronot - Kolaborasi Samsung dan Boeing akan buat astronot bisa ber-smartphone dalam pesawat luar angkasa.

Kolaborasi Samsung dan Boeing akan buat astronot bisa ber-smartphone dalam pesawat luar angkasa. (Foto: inhqwallpapers.com)

Samsung mobile akan bekerja sama dengan perusahaan pesawat Boeing dalam hal teknologi dirgantara. Boeing sedang mengembangkan Crew Space Transportation CST-100 spacecraft, pesawat antariksa berisi banyak penumpang. Dan teknologi smartphone Samsung punya peran penting disini .

Christopher Ferguson, mantan astronot dan direktur kru dan misi operasi Boeing mengatakan, penggunaan teknologi smartphone Samsung dalam pesawat antariksa berguna untuk kegiatan checklist, pemeriksaan melalui layar kamera, dan komunikasi antar kru. Pasti keren!

Pernyataan Ferguson diperkuat dengan pengumuman resmi Boeing pekan ini kalau sedang bekerjasama dengan raksasa teknologi Korea. Kerjasama ini dengan menggabungkan teknologi mobile terbaru Samsung dengan CST-100 spacecraft Boeing  yang masih dalam pengembangan.

Boeing menyatakan, perjanjian yang diumumkan pada peringatan Space Symposium tahunan ke-30 di Colorado itu,  kedua perusahaan mencari tahu bagaimana teknologi mobile dapat digunakan untuk pengembangan CST-100. Hasil awal kolaborasi itu akan diserahkan tahun ini.

"Sama seperti yang dapat mereka lakukan di Bumi , alat-alat mobile dan perangkatnya akan meningkatkan cara kami beroperasi keseharian di dalam pesawat antariksa. Ini  membuat misi operasi menjadi lebih efisien," kata mantan astronot  yang mengemudikan misi ulang alik terakhir NASA tahun 2011. Seperti orang lain, ketika astronot melakukan suatu pekerjaan, mereka juga pengin sharing pengalaman ke orang lain. Wah, astronot juga pengin Selfie di ruang angkasa sekaligus up-date di Instagram ya…

CST-100-nya Boeing merupakan bagian pengembangan Program Komersial Kru nya NASA. Pesawat luar angkasa ini dirancang menampung hingga tujuh penumpang atau campuran antara kru dan kargo dengan tujuan orbit rendah Bumi. Ferguson memprediksi pesawat luar angkasa komersial ini mulai ‘terbang’ di awal 2018.

Ini bukan pertama kalinya Boeing dan Samsung  bekerja sama.  Sebelumnya, tahun 2012,  mereka bekerja sama meneliti dan mengembangkan teknologi yang bertujuan untuk meningkatkan hiburan dalam penerbangan dan komunikasi untuk pesawat terestrial, serta meningkatkan produktivitas pabrik.

Pada bulan Februari, raksasa kedirgantaraan ini  mengungkap sebuah terobosan kerjasama dengan Samsung dalam hal pengembangan smartphone yang dirancang aman bagi komunitas pertahanan dan keamanan AS. Apa itu?

Smartphone Android bernama ‘Boeing Hitam’, dirancang dapat menghancurkan datanya sendiri.  Gadget ini juga bisa membuat dirinya enggak bisa dioperasikan jika dipaksakan. Selain itu, ponsel ini juga dilengkapi penyimpanan data enkripsi dengan kemasan yang tahan rusak karena disegel epoxy dan enggak ada bagian yang bisa di-service jika rusak.
[ Via: appy-geek ]