yoKeepo: Media alternatif untuk yg muda dan kepoyoKeepo



Home / Tekno / Polisi Dubai segera pakai Google Glass, Polri kapan?

Polisi Dubai segera pakai Google Glass, Polri kapan?

±Sabtu, 24 Mei 2014
Polisi Dubai segera pakai Google Glass, Polri kapan? - Ketika semua Polisi udah pakai Google Glass, pengendara harus ekstra hati-hati dalam berkendara.

Ketika semua Polisi udah pakai Google Glass, pengendara harus ekstra hati-hati dalam berkendara. (Foto: techliza.com)

Google Glass, kacamata canggih besutan Google ini mulai dilirik kepolisian Dubai untuk dimanfaatkan teknologinya. Aplikasi khusus telah mereka siapkan. Pengendara di sana perlu lebih hati-hati dalam berkendara. Di masa depan, polisi disana akan dibekali Google Glass dalam patroli jalan raya.

Google Glass adalah kacamata futuristik dengan teknologi smartphone. Gadget ini dilengkapi koneksi internet dan dalam menjalankan aplikasinya pakai perintah suara. Untuk versi explorer, Google Glass menggunakan sistem operasi android, memori 1GB RAM dan kapasitas penyimpanan hingga 16 GB. Ada layar kecil tepat di depan salah satu mata pengguna.

Di Dubai nanti polisi akan difasilitasi dengan kacamata canggih ini untuk melacak pelanggaran hukum lalu-lintas ataupun pencurian kendaraan. Gulf News melaporkan Dubai Police Smart Services Department mulai menguji teknologi ini. Mengingat kemampuan ‘kacamata’ yang dapat mengakses internet, memberikan arah dengan GPS nya, mengambil foto dan video, maka ini berpotensi menggantikan komputer yang terpasang di mobil patroli polisi.

Direktur departemen terkait, Kolonel Khalid Nasser Al Razooqi memamerkan dua aplikasi unik untuk operasional polisi. "Satu aplikasi untuk mengambil foto pelanggaran lalu-lintas, dan aplikasi satunya membantu mengidentifikasi mobil yang melanggar tadi." Pengin tau cara kerjanya? Yuk, kita cari tau…

Polisi tadi tinggal melihat plat nomor mobil pelanggar dan mengambil foto dengan menekan tombol kecil disamping perangkat pada Google Glass yang dikenakannya. Foto plat nomor, oleh petugas, segera dikirim ke sistem pusat di departemen tadi. Eits, jangan lupa, semua perintah aplikasi pakai perintah suara polisi itu sendiri.

Oh iya, waktu ngirim foto tadi akan lengkap dengan informasi lokasi, tanggal dan waktu kejadian karena ada fasilitas GPS. Selang beberapa saat, kacamata canggih ini akan meng-kros cek nomor plat dengan database pusat dan segera me-warning petugas kalau nomornya cocok.

"Kami, Kepolisian Dubai selalu mencoba untuk mengadopsi apa yang baru di pasar dan kami ingin tetap up – to-date," kata Kolonel Al Razooqi. Google belum merilis 'kacamata' ini secara komersial, tapi warga AS udah dapat menebus gadget ini, yang Edisi Explorer sebesar $ 1.500 atau sekitar 17,5 juta rupiah. Kira-kira di masa depan, POLRI mau menggunakan 'kacamata' ini enggak ya?
[ Via: google, appy-geek ]