yoKeepo: Media alternatif untuk yg muda dan kepoyoKeepo



Home / Lagak / Cantik / 4 penyebab kerutan muncul di wajah cantik kamu

4 penyebab kerutan muncul di wajah cantik kamu

±Jumat, 23 Mei 2014
4 penyebab kerutan muncul di wajah cantik kamu - Perawatan Super Collagen Gold Facial bisa naikkan kelembaban kulit setelah terkena panasnya matahari, debu dan kotoran.

Perawatan Super Collagen Gold Facial bisa naikkan kelembaban kulit setelah terkena panasnya matahari, debu dan kotoran. (Foto: larissa.co.id)

Tua itu alami  dan pasti dialami setiap orang. Tapi tidak berarti harus tampil dengan wajah yang tua juga. Dokter Ayu Mutiara dari Larissa Aesthetic Center Kudus mengatakan, masalah kulit seperti kerutan, kering, kusam dan flek, dapat diatasi dengan perawatan wajah yang benar serta pencegahannya sedari dini.

Kerutan merupakan proses alami penuaan. Menurut Dokter Ayu, seiring bertambahnya usia, kulit akan menjadi lebih tipis, lebih kering dan berkurang elastisitasnya. Hasilnya akan mulai timbul garis-garis halus, permukaan kulit yang tidak mulus dan kerutan. Beberapa kerutan dapat tampak terlihat jelas di sekitar area mata, mulut dan leher.

"Proses penuaan biasanya dimulai saat seseorang memasuki usia 40 tahun dan akan semakin cepat jika kulit tubuh selalu dibiarkan tanpa pelembab yang baik," ujar ahli kecantikan di klinik Larissa Aesthetic Center Kudus itu.

Kalau sudah begitu, saat memasuki usia 50 tahun, penuaan akan semakin parah dengan kendurnya otot-otot tubuh jika kurang berolahraga. Meskipun genetik merupakan faktor utama perubahan tekstur, penyumbang besar lain dari terjadinya kerutan adalah sering terkena sinar matahari serta merokok.

Menurut dokter Ayu Mutiara, faktor penyebab terjadinya kerutan yaitu:
1. Usia
Ketika usia semakin bertambah maka kulit akan semakin menipis, berkurang elastisitasnya dan jadi lebih mudah rapuh. Berkurangnya produksi minyak juga akan membuat kulit menjadi lebih kering dan terlihat lebih banyak kerutan. Lapisan lemak di bawah kulit yang membuatnya terlihat padat, juga semakin berkurang. Ini menyebabkan kulit terlihat lebih longgar dan kendor, sehingga garis halus dan kerutan semakin terlihat.

2. Sinar Ultra Violet (UV)
Radiasi sinar UV dapat mempercepat proses alami penuaan dan merupakan penyebab terjadinya kerutan sejak dini. Ketika terkena sinar Ultra Violet, jaringan penyokong di dermis menjadi rusak. Tanpa adanya jaringan penyokong maka kulit akan kehilangan kekuatan dan fleksibilitasnya. Hasilnya kulit akan menjadi kendur dan berkerut secara dini.

3. Merokok
Kebiasaan merokok juga dapat mempercepat proses penuaan alami yang akan menghasilkan kerutan. Ini dapat disebabkan karena kandungan pada rokok mempengaruhi suplai darah, termasuk juga suplai oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan kulit.

4. Ekspresi wajah yang berulang
Mimik atau ekspresi wajah seperti berkedip atau tersenyum dapat menyebabkan timbulnya garis halus atau kerutan. Setiap kali kita menggunakan otot wajah maka sebuah alur akan terbentuk di
dalam lapisan. Ketika kulit semakin menua dan kehilangan fleksibilitasnya, maka tidak dapat lagi kembali ke kondisi semula. Sehingga alur yang tercipta akan menjadi permanen di wajah.
[ Via: larissa ]