yoKeepo: Media alternatif untuk yg muda dan kepoyoKeepo



Home / Lagak / KRI Dewaruci gelar tradisi Mandi Khatulistiwa bagi Kadet AAL

KRI Dewaruci gelar tradisi Mandi Khatulistiwa bagi Kadet AAL

±Selasa, 20 Mei 2014
KRI Dewaruci gelar tradisi Mandi Khatulistiwa bagi Kadet AAL - Para peserta Upacara Tradisi Mandi Khatulistiwa di geladak KRI Dewaruci tengah mengikuti prosesi.

Para peserta Upacara Tradisi Mandi Khatulistiwa di geladak KRI Dewaruci tengah mengikuti prosesi. (Foto: tni.mil.id)

KRI Dewaruci kembali menggelar prosesi Upacara Tradisi Mandi Khatulistiwa bagi prajurit TNI AL. Saat berlayar di perairan Halmahera, Maluku Utara, Minggu, 18 Mei 2014 lalu, sekitar 70 Kadet AAL (Akademi Angkatan Laut) Angkatan 61 dan mendapat giliran menjalaninya. Prosesi digelar di atas geladak kapal layar latih milik TNI AL itu

Mandi Khatulistiwa adalah sebuah tradisi di lingkungan TNI AL yang wajib diikuti oleh para prajurit yang berlayar melintas Garis Khatulistiwa untuk pertama kali. Diawali pada malam hari, prosesi dimulai dengan kedatangan sosok Devy Jones sebagai pembawa pesan dari dewa penguasa laut, Neptunus yang menguasai tujuh samudera. Disambut Letkol Laut (P) Anung Sutanto, Komandan KRI Dewaruci, Devy Jones meminta agar para pelaut muda disiapkan untuk dimandikan dengan air samudera pada pagi harinya.

Prosesi kemudian berlanjut pada pagi harinya. Upacara Mandi Khatulistiwa digelar di geladak kapal seluas 9,5×58,5 meter itu. Sebelas prajurit TNI AL yang baru bergabung di KRI Dewaruci, yang terdiri dari seorang perwira menengah, dua orang perwira pertama (Pama), dua bintara dan lima tamtama, menjadi sasaran para awak KRI Dewaruci yang berperan sebagai punggawa-punggawa samudera yang mengawal tradisi Mandi Khatulistiwa.

Selain mereka, 70 kadet AAL yang terdiri dari 38 kadet Korps Pelaut, 13 kadet Korps Teknik, 9 kadet Korps Suplai dan 10 kadet Korps Elektronika juga menjalani tradisi itu.

Di penghujung upacara, Letkol Anung selaku Komandan KRI Dewaruci menegaskan bahwa para peserta Upacara Tradisi Mandi Khatulistiwa telah disahkan menjadi bagian dari keluarga besar KRI Dewaruci. Sertifikat Mandi Katulistiwa diserahkan secara simbolis kepada perwakilan peserta, yaitu Mayor Laut (P) Moch Mustofa W. Setelah itu, Komandan juga menyerahkan sertifikat yang sama kepada perwakilan para Kadet AAL, yaitu Sersan Taruna Damartama Putra Akbar N. Tradisi Mandi Khatulistiwa lantas berakhir dengan sesi foto bareng para peserta.
[ Via: aal, kridewaruci ]


Keepo collections:
Lagak