yoKeepo: Media alternatif untuk yg muda dan kepoyoKeepo



Home / Lagak / Cantik / 5 bahan kuliner pencegah rambut rontok

5 bahan kuliner pencegah rambut rontok

±Minggu, 18 Mei 2014
5 bahan kuliner pencegah rambut rontok - Rambut sehat mudah didapat jika kita menjaga menu makan berimbang.

Rambut sehat mudah didapat jika kita menjaga menu makan berimbang. (Foto: toserta.com)

Pengen punya rambut indah? Gak susah kok. Kita cuma perlu mengonsumsi kuliner yang pas untuk mencegah rambut rontok. Seperti bagian tubuh lainnya, menu makanan berimbang bisa membuat sel rambut menjadi tebal dan kuat.

Ahli gizi Lisa Drayer dalam bukunya The Beauty Diet mengungkapkan, ketimbang kulit, rambut butuh waktu lebih lama untuk berubah. Contohnya, jerawat atau kulit kering, hanya butuh beberapa hari untuk tampak pada permukaan kulit. Berbeda halnya dengan rambut, efek asupan gak berimbang itu baru nongol setelah berbulan-bulan.

"Merokok, ketakseimbangan hormon maupun kurang tidur adalah beberapa hal yang juga berpengaruh signifikan terhadap kesehatan rambut," jelas Lisa lagi.

Lalu jenis bahan kuliner apa yang bagus untuk memperoleh makanan berimbang yang sanggup menjaga kesehatan rambut?

1. Walnut
Famili kacang-kacangan ini kaya biotin, minyak esensial Omega-3 dan vitamin E yang bisa melindungi sel agar DNA gak rusak. Selain itu, biotin juga bermanfaat sebagai perisai sinar matahari. Kekurangan biotin kabarnya bisa menyebabkan rambut rontok.

2. Salmon
Daging ikan ini banyak mengandung minyak Omega-3 yang sangat dibutuhkan untuk menumbuhkan rambut. Tubuh manusia tidak bisa memproduksi sendiri lemak ini. Salmon juga kaya vitamin D dan protein yang berfungsi menguatkan rambut.

3. Kentang
Sweet potatoes atau kentang manis adalah penghasil antioksidan beta karotin yang oleh tubuh diolah menjadi vitamin A. Kekurangan vitamin ini bisa membuat masalah kulit kepala seperti gatal-gatal dan ketombe. Selain itu, sel-sel dalam tubuh juga gak bisa berfungsi dengan baik tanpa vitamin A.

4. Tiram
Kerang atau tiram diketahui banyak mengandung zinc. Tubuh yang kekurangan zat ini dapat terlihat jika mengalami kerontokan pada bulu-bulu yang berada di sekujur tubuh, seperti tangan maupun bulu mata. Meski juga banyak terdapat pada gandum, namun zinc yang dikandung oleh tiram punya kadar protein sangat tinggi dan rambut manusia, 97 persennya berasal dari protein.

5. Telur
Telur adalah sumber protein. Selain itu ia juga mengandung empat jenis mineral penting, yaitu selenium, zinc, zat besi dan sulfur. Rambut memerlukan zat besi untuk membantu sel menyuplai oksigen ke folikel pada rambut. Selain menyebabkan anemia, kurang zat besi adalah sebab utama rambut rontok.
[ Via: lisadrayer ]


Keepo collections:
Cantik