yoKeepo: Media alternatif untuk yg muda dan kepoyoKeepo



Home / Tekno / Gadget / BlackBerry Z3: Kok mirip seri Sony Xperia Z dan Nokia Lumia 920?

BlackBerry Z3: Kok mirip seri Sony Xperia Z dan Nokia Lumia 920?

±Minggu, 18 Mei 2014
BlackBerry Z3: Kok mirip seri Sony Xperia Z dan Nokia Lumia 920? - BlackBerry Z3, dinilai kurang nyaman dengan desain bongsor dan kaku mirip Sony Xperia Z atau Nokia Lumia 920.

BlackBerry Z3, dinilai kurang nyaman dengan desain bongsor dan kaku mirip Sony Xperia Z atau Nokia Lumia 920. (Foto: blackberry.com/Z3)

Setelah sekitar 1,5 tahun setelah kehadiran BlackBerry 10, pabrikan asal Kanada ini meluncurkan produk terbarunya. Khusus Indonesia, boleh berbangga karena smartphone anyar ini punya versi khusus untuk pasar domestik, yang disebut BlackBerry Z3 Jakarta Edition.

Para penggila gadget gak butuh berlama-lama menebak seperti apa bentuk tampilannya yang konon beda-beda tipis dengan Sony Xperia Z series maupun Nokia Lumia 920. Seperti ponsel-ponsel BlackBerry 10 sebelumnya, kalau bukan berdesain candy bar dengan keyboard qwerty, pasti gadget ini menggunakan touchscreen (layar sentuh) dengan layar besar. Yups, BlackBerry Z3 masuk kategori terakhir dan tampil dengan layar sentuh 5 inci.

Sayangnya, dengan ukuran itu, adik BlackBerry Z10 ini jadi yang berbadan paling bongsor mirip versi Z30. Kalau Z10 yang berlayar 4,3 inci dan berbobot 140 gram itu boleh dibilang masih nyaman digenggam satu tangan, BlackBerry Z3 ini masuk golongan kurang nyaman. Soalnya, jelas dengan ukuran 5 inci dan bobot 165 gram, smartphone ini jadi terlalu besar dan berat untuk digenggam satu tangan.

Selain handling yang kurang nyaman bagi pengguna yang sebelumnya terbiasa dengan Z10, tampilan BlackBerry Z3 juga mirip banget dengan seri Sony Xperia Z dan Nokia Lumia 920. Bentuk dan desainnya kaku, kotak dan nampak tebal, walaupun sisi-sisinya dibentuk agak lengkung. Yah, setidaknya butuh beberapa hari bagi pengguna untuk terbiasa memegangnya.

Di balik kelemahannya, BlackBerry Z3 punya sisi belakang yang menarik dengan tekstur dan terbuat dari material seperti karet. Ini membuatnya bakal nyaman di tangan dan lebih tahan goresan. Gadget ini juga mengadopsi desain unibody, alias bagian belakang gak bisa dibuka. Nah, slot SIM card berada pada sisi kanan, bareng dengan slot micro SD, tersembunyi di balik pelindung. Sedangkan tombol-tombol utama, seperti tombol power dan volume jack terletak di sisi kiri. Port audio berukuran 3,5 mm ditempatkan di bagian atas, sementara port micro USB berada di bagian bawah.

Terus apa istimewanya BlackBerry Z3 yang versi Jakarta? Di bagian belakang, selain ada kamera utama dengan lampu flash, di sisi kanannya tertera tulisan "JAKARTA". Para penggila gadget layak memburunya karena BlackBerry Z3 Jakarta Edition hanya diproduksi 25 ribu unit dan hanya untuk pasar Indonesia. Harganya pun cukup terjangkau untuk smarphone dengan sistem operasi BlackBerry 10, Rp 2,2 juta saja.
[ Via: nokia, yokeepo ]