yoKeepo: Media alternatif untuk yg muda dan kepoyoKeepo



Home / Lagak / Gaul / Solusi etika berbagi sandaran kursi pesawat: Paperclips Armrest

Solusi etika berbagi sandaran kursi pesawat: Paperclips Armrest

±Sabtu, 17 Mei 2014
Solusi etika berbagi sandaran kursi pesawat: Paperclips Armrest - Paperclips Armrest, penemuan baru sandaran tangan kursi pesawat yang dapat berbagi dengan penumpang sebelah. Enggak perlu rebutan lagi.

Paperclips Armrest, penemuan baru sandaran tangan kursi pesawat yang dapat berbagi dengan penumpang sebelah. Enggak perlu rebutan lagi. (Foto: paperclipdesign.hk)

Coba pikirkan, hal apa yang membuat seorang merasa nyaman dalam perjalanan naik pesawat? Kebanyakan penginnya bersebelahan orang yang punya etika. Sandaran tangan di kursi pesawat keliatan sepele tapi paling males kalau 'bertetangga' dengan orang yang suka 'menjajah' sandaran tangan tanpa toleransi sedikitpun. Untuk yang ini, saya punya cerita.

Dalam penerbangan dari Bandara Juanda Surabaya menuju Bandara Pattimura Ambon hari ini, saya dapat seat dekat jendela. Penerbangan akan ditempuh dalam 2 jam 20 menit, pada ketinggian 35 ribu kaki. Pastilah kenyamanan duduk yang saya cari.

Setelah mencari posisi enak, datanglah si 'tetangga' ,duduk di tengah dengan langsung 'menjajah' sandaran tangan kanan dan kiri. "Kayak raja aja nih orang" gumamku. "Emang ini pesawat punya nenek lo?" lanjutku dalam hati. Jengkel, karena kedua sandaran tangan kursi pesawat itu langsung dikuasai si 'tetangga' menjengkelkan itu. Kayak orang enggak punya etika duduk.

Iya, sandaran tangan kursi pesawat pada satu deret (isi tiga kursi) untuk tiga penumpang, cuma berjumlah empat buah (dua pasang). Dua sandaran tangan ditempatkan di samping kiri dan kanan masing-masing ujung deret plus dua buah di antara kursi tengah. Nah itu masalahnya. Gak ada aturan tertulis 'kepemilikan' dua sandaran tangan di tengah deret itu. Punya seat ke-satu atau ke-dua atau ke-tiga? Karena masalah tersebut, kini diciptakan sebuah sandaran tangan kursi pesawat yang bisa dipakai dua tangan dari dua orang yang berbeda. Kayak apa? Cekidot.

Paperclip Design Limited, sebuah perusahaan di Hongkong memahami permasalahan di atas. Diciptakanlah Paperclips Armrest, sebuah sandaran tangan kursi pesawat dengan desain unik mirip paper clips, penjepit kertas. Sandaran tangan ini didesain dengan  geometri double-deck, mirip bis tingkat. Gimana pemakaiannya?

Bagian sandaran tangan di dek bawah untuk satu tangan orang pertama dan dek kedua bagian atas untuk satu tangan orang kedua. Memang sandaran tangan ini masih bisa juga rebutan mau pakai yang dek bawah atau dek atas. Namun paling tidak, satu Paperclips Armrest bisa untuk berdua. Pasti 'damai' dan nyaman untuk penerbangan yang lumayan jauh. Seandainya pesawat yang saya naiki hari ini punya Paperclips Armrest…
[ Via: paperclipdesign ]


Keepo collections:
Gaul