yoKeepo: Media alternatif untuk yg muda dan kepoyoKeepo



Home / Lagak / 7 Tips dan 3 syarat siap Ujian Nasional SMP a la yoKeepo

7 Tips dan 3 syarat siap Ujian Nasional SMP a la yoKeepo

±Sabtu, 03 Mei 2014
7 Tips dan 3 syarat siap Ujian Nasional SMP a la yoKeepo - Suasana Ujian Nasional di salah satu MTs/SMP tahun 2013 lalu.

Suasana Ujian Nasional di salah satu MTs/SMP tahun 2013 lalu. (Foto: kemenag.go.id)

Sebelumnya yoKeepo telah membahas tentang "Ujian Nasional di mata siswa". Pastinya yang namanya ujian tak luput dari kata ‘nyontek’. Nah, yoKeepo akan memberikan tujuh tips belajar menjelang ujian, tanpa menyontek. Sebelum kita bahas tipsnya, kalian harus mematuhi tiga syarat dari yoKeepo. Jika tidak, tips-tips yang dibaca akan sia-sia.

Syarat mengikuti tips persiapan Ujian Nasional a la yoKeepo:
Pertama, Percaya diri. Yup, harus percaya diri kalau kalian bisa mengerjakan soal-soal UN. Bagaimana jika kurang percaya diri? Waah.. bahaya sekali. Usaha belajar dan berdo’a akan sia-sia karena tidak mempercayai diri kalian sendiri.

Kedua, Jangan ikut-ikutan teman. Jika teman sudah merencanakan aksi contek-menyontek, abaikan saja. Karena nanti kalian akan berfikir jika teman-teman pakai contekan dan nilai mereka bagus, bagaimana nasib yang tidak pakai contekan? No, Stop thinking about it, kalian akan tergoda.

Ketiga, Berdo’a. Ini wajib. Apapun usaha kalian, tidak bakal ada gunanya jika tidak berdo’a.

Yosh, dan ini dia tips belajar sebelum Ujian Nasional a la yoKeepo. Scroll down!

1. Menjadikan Teman Sebagai Guru
Kadang, di setiap sekolah ada guru yang menurut kalian tidak nyambung diajar mereka, ya kan? Guru sepintar apapun, kalau dia tidak bisa meyampaikan ilmu dengan baik kepada murid percuma saja. Apalagi guru seperti itu adalah guru yang mengajar bidang studi yang diujikan saat UN, pasti bakal ketar-ketir gimana mengejar pelajaran guru tersebut yang kita tidak mengerti walaupu sudah diajarkan olehnya. Solusinya, Teman. Yup, kalian bisa mengandalkan teman yang jenius untuk mengajarkan pelajarannya. Ini juga bisa menjadi peluang untuk si jenius, mereka bisa membuka les privat.

2. Belajar Dengan Kelompok
Sangat asyik tentunya. Belajar dengan kelompok akan membuat belajar tak sejenuh biasanya. Suasana akan lebih nyaman, pikiran akan lebih rileks dan lebih mudah pelajaran masuk ke otak. Karena otak sedang segar dan tidak mumet jika bersama teman-teman. Kalian bisa mengajak si jenius untuk bergabung untuk membantu kalian.

3. Gunakan Kisi-Kisi…


Keepo collections:
Lagak