yoKeepo: Media alternatif untuk yg muda dan kepoyoKeepo



Home / Lagak / Ujian Nasional di mata siswa: Guru jangan nakut-nakutin!

Ujian Nasional di mata siswa: Guru jangan nakut-nakutin!

±Jumat, 02 Mei 2014
Ujian Nasional di mata siswa: Guru jangan nakut-nakutin! - Suasana Ujian Nasional SMA 2014.

Suasana Ujian Nasional SMA 2014. (Foto: firmanpratama.wordpress.com)

Ujian Nasional (UN), salah satu aktivitas rutin tahunan di Indonesia. Dimana seluruh siswa kelas terakhir mulai SD hingga SMA di Indonesia melakukan ujian berjama’ah, dalam jangka waktu kurang lebih 3-4 hari. Topik inipun selalu hangat dibicarakan siswa saat memasuki bulan April hingga Mei, dan sering membuat kontroversi di kalangan mereka.

Tidak sedikit siswa yang menentang adanya Ujian Nasional. Sering terlihat di berbagai status pada akun twitter beberapa bulan sebelum ujian nasional. Berbagai masalah selalu dihadapi para siswa menjelang hari Ujian, rasa takut tidak lulus, gelisah memikirkan bagaimana wajah pengawasnya.

Bahkan sempat ada siswa yang melakukan tindakan bunuh diri pada tahun 2013 akibat stres menghadapi Ujian Nasional. Kabar yang beredar Ujian Nasional akan dihapuskan, tapi sampai tahun ini ujian itupun masih dilaksanakan.

Jurnalis yoKeepo telah melakukan wawancara nih, dengan dua siswa SMK di jakarta yang sudah melakukan Ujian Nasional tingkat SMA sederajat, @Rezamardhani (Siswa 1) dan @M_Qhintara (Siswa 2). Scroll down Yuk!

yoKeepo (Y): Hai kak, mau wawancara nih tentang ujian nasional. Apa sih yang kaka rasain menjelang ujian nasional?
Siswa 1 (S1): Biasa aja sih, mumet dikit doang gara-gara belajar dadakan.
Siswa 2 (S2): Rasanya mau buru-buru ngelaksanainnya, biar bebas.

Y: Menurut kaka, ujian nasional itu penting tidak?
S1: Menurut gue sih penting. Tapi, bukan seharusnya juga jadi syarat kelulusan.
S2: Enggak penting, masa kita belajar 3 tahun ditentuin lulus tidaknya hanya 3 hari. Di Jepang aja ngga ada UN, padahal negara maju.

Y: Kaka pede ngga sih ngerjain soalnya?
S1: Pede dong. Mau yang gue tau jawabannya mau yang engga, pede aja.
S2: Gue sih pede-pede aja, soalnya kan udah belajar.

Y: Nice answers, dan terakhir gimana rasanya setelah ujian nasional selesai?
S1: Rasanya ya percaya diri, tapi takut ngga lulus. Hehe.
S2: Ngga jauh beda, toh sama-sama harus belajar juga pas udah lulus nanti, alias pas kuliah.

So, bagaimana menurut kalian? Setuju dengan mereka atau tidak?


Keepo collections:
Lagak