yoKeepo: Media alternatif untuk yg muda dan kepoyoKeepo



Home / Kini / Hijau / Telusur Maluku, Ekspedisi NKRI dapati ratusan flora dan fauna baru

Telusur Maluku, Ekspedisi NKRI dapati ratusan flora dan fauna baru

±Minggu, 27 April 2014
Telusur Maluku, Ekspedisi NKRI dapati ratusan flora dan fauna baru - Ekspedisi NKRI Koridor Maluku dan maluku Utara menemukan banyak hal baru di sepanjang jalur yang ditempuhnya.

Ekspedisi NKRI Koridor Maluku dan maluku Utara menemukan banyak hal baru di sepanjang jalur yang ditempuhnya. (Foto: Puspen TNI/dok.)

Hingga minggu keempat April 2014, Ekspedisi NKRI Koridor Maluku dan Maluku Utara telah berhasil beragam spesies flora dan fauna baru. Ekspedisi yang melibatkan sekitar 830 personil TNI dan Polri, mahasiswa, peneliti, Kementerian/Lembaga maupun masyarakat ini menemukan 382 Flora dan 341 Fauna baru di sepanjang perjalanan yang telah ditempuh. Kegiatan digelar mulai 6 Februari hingga 26 Juni 2014 mendatang.

Selain menemukan beragam flora dan fauna yang belum pernah diketahui sebelumnya, tim ekspedisi juga berhasil menemukan sejumlah hal seputar geologi. Diantaranya, terdapat 65 temuan batuan pasir mengandung besi dan sumber air panas. Juga di bidang potensi bencana, tim ekspedisi NKRI 2014 menemukan 50 titik tanah longsor dan abrasi pantai.

Kegiatan ekspedisinya meliputi penjelajahan dan sekaligus menggelar penelitian di bidang kehutanan, flora dan fauna, potensi bencana, sosial budaya dan komunikasi sosial. Dari tahun ke tahun, ekspedisi ini nggak ada perubahan dan kegiatannya di bagi tiga yakni penjelajahan, penelitian dan komunikasi sosial (Komsos) penjelajahan di lakukan TNI-Polri untuk mengetahui secara riil hutan rimba.

Ekspedisi NKRI kali ini bermaksud membangun kebersamaan, kepedulian, dan partisipasi masyarakat dalam pembangunan nasional melalui program-program pelestarian lingkungan dan kesehatan, serta penelitian geologi. Sedangkan sasarannya yang ingin dicapai adalah terwujudnya jiwa persatuan dan kesatuan seluruh komponen bangsa, terdatanya potensi sumber daya alam dan terdatanya potensi daerah rawan bencana dikenalinya medan juang pertahanan dan lain sebagainya.

Ekspedisi NKRI 2014 Koridor Maluku dan Maluku Utara, berlangsung selama 4,5 bulan. saat ini telah berjalan selama hampir 3 bulan dan mendapatkan hasil positif seperti yang diharapkan. Ekspedisi serupa dilakukan sebelumnya di Bukit Barisan, Sumatera pada tahun 2011, Ekspedisi Khatulistiwa tahun 2012 di Kalimantan, dan Koridor Sulawesi pada tahun 2013.
[ Via: ekspedisinkri ]


Keepo collections:
Hijau