yoKeepo: Media alternatif untuk yg muda dan kepoyoKeepo



Home / Lagak / Wisata / Burger a la Patra Jasa Semarang: Enak dan nggak pake antri!

Burger a la Patra Jasa Semarang: Enak dan nggak pake antri!

±Minggu, 27 April 2014
Burger a la Patra Jasa Semarang: Enak dan nggak pake antri! - Burger a la Resto Kendalisodo, Hotel Patra Jasa Semarang

Burger a la Resto Kendalisodo, Hotel Patra Jasa Semarang (Foto: yokeepo.com/aldy)

Kita nyicipin burger di Hotel Patra jasa Semarang, yuk! Sebelumnya, ada sedikit cerita sebelum soal menu kuliner ini. Ternyata banyak orang keliru dan mengira nama Hamburger berasal dari kata "ham". Padahal sebenarnya nama itu diambil dari nama kota Hamburg di Jerman, tempat asal makanan ini.

Dikutip dari wikipedia, konon banyak penduduk Hamburg merantau ke Amerika. Disana mereka menyebarkan pembuatan makanan yang kemudian dikenal sebagai burger. Jadi kebetulan saja sih, kalau kata "ham" yang dalam Bahasa Inggris artinya daging asap,  diucapkan mirip "ham" pada Hamburger. Nyatanya hamburger biasanya nggak pakai ham (walaupun ada juga restoran yang menambahkannya untuk menambah cita rasa).

Hamburger adalah kuliner berbahan roti, bentuknya bundar dibelah dua. Tengahnya biasa diisi patty dari daging, sayuran selada, bawang bombay dan tomat. Juga diberi macam-macam saus seperti mayones, saus sambal, tomat maupun mustard. Kadang-kadang juga ditambahi keju, sosis, ham, ataupun asinan. Belakangan, banyak juga yang mengiranya sama saja dengan sandwich maupun roti isi yang lain. Asal bentuknya bulat saja, dikira pasti hamburger. Hehe…

Sekarang sudah tahu riwayat burger atau hamburger kan?  Dari Hamburg kita balik ke Hotel Patra Jasa Semarang. Biar kata sekarang banyak resto-resto baru, terkenal atau lagi 'trending' juga menyuguhkan kuliner a la barat ini,  yokeepo tetap merekomendasikan burger di Resto Kendalisodo, buat yoKeepoers coba.

Resto yang terletak di hotel yang terbilang lawas namun tetap eksis ini, cita rasanya nggak kalah dengan burger-burger populer lain. Kata Christ Tony, Public Relations Manager Patra Jasa Semarang, burger buatan Chef Woto Harianto ini sudah lama tenar. "Banyak lho, tamu yang datang dan memesan burger a la Patra ini," ungkap Tony.

Kebetulan, selain sempat nyicipin burger bikinan Chef Woto, yoKeepo juga diberi resepnya. Siapa tahu pengen coba-coba bikin di rumah, kata sang Chef. Tapi kalau bicara muasin selera, menurut yoKeepo nih, asyiknya sih wisata kuliner langsung ke Resto Kendalisodo Hotel Patra Jasa Semarang, jalan Sisingamangaraja. "Resto kita juga menyediakan menu lain yang nggak kalah nikmat, misalnya iga bakar dan buntut bakar Patra Jasa," pungkas Christ Tony.

Ini dia resep burger a la Chef Woto Harianto. Cekidot!

Siapkan:
100 gram burger ban
80. gram burger beef
50. gram gherkins

Cara buat:
Panaskan burger ban,sampai agak kecoklatan.
Kemudian masak burger beef dengan mentega sedikit sampai matang, angkat, kemudian atasnya diberi mozarela cheese, panaskan supaya meleleh.
Setelah itu burger ban diolesi mayonnaise dan susun pelengkapnya di atas burger ban.
Sajikan dengan French fries yang telah digoreng.
[ Via: wikipedia ]