yoKeepo: Media alternatif untuk yg muda dan kepoyoKeepo



Home / Lagak / Wisata / Lontong Sayur Bu Agus, kuliner kaki lima Semarang rasa Surabaya

Lontong Sayur Bu Agus, kuliner kaki lima Semarang rasa Surabaya

±Sabtu, 26 April 2014
Lontong Sayur Bu Agus, kuliner kaki lima Semarang rasa Surabaya - Lontong Sayur Kaki Lima Bu Agus yang maknyus...

Lontong Sayur Kaki Lima Bu Agus yang maknyus... (Foto: yokeepo.com/aldy)

KOTA Semarang begitu kaya kuliner, tidak hanya terkenal dengan Lumpianya. Mulai dari hotel berbintang lima sampai warung tenda di trotoar, banyak makanan yang menarik untuk dicicipi penggemar wisata kuliner.

Salah satunya, Lontong Sayur kaki lima Bu Agus. Setiap Minggu pagi, Bu Agus membuka warung tendanya di kawasan Jl. Hayam Wuruk atau alur jalan samping gedung Bank Indonesia Semarang. Bukanya mulai pukul 06.00 sampai pukul 10.00 pagi.

"Awalnya saya berjualan di SMA 1 Semarang, lalu sempat pindah ke Jl. Imam Barjo Undip, dan sekarang setiap hari minggu saya buka di Jl. Hayam Wuruk," kata Bu Agus, yang begitu terampil jemarinya meracik lontong sayur di atas piring untuk disajikan kepada si pembelinya.

Tempat jualan Lontong Sayur Kaki Lima Bu Agus begitu sederhana. Para pembeli disediakan tikar untuk lesehan, dan mulai pagi hingga siang tak pernah sepi pembeli. "Rasanya maknyus. Lontong sayur Bu Agus beda dengan lontong sayur lainnya, terutama pedasnya serasa menendang-nendang lidah," kata Deny, salah satu pembeli.

Dibanding lainnya, Lontong Sayur Kaki Lima Bu Agus memang agak berbeda. Selain rasa yang menggoyang lidah, juga racikannya. Misalnya tidak memakai rendang, seperti lontong sayur lainnya, ala padang. Justru lontong sayur Kaki Lima Bu Agus dari rasanya mirip dengan khas Surabaya, yang diwarnai sayur tewel (nangkamuda) dan kacangpanjang. Juga terdapat suwiran (irisan) ayam dan telor, dan yang paling terkenal dengan lontong sayur koyor (urat sapi).

Cuma sambalnya, jika Surabaya adalah memakai sambal kelapa, tapi lontong sayur Bu Agus justru memakai sambal racikan sendiri begitu menenendang lidah, sangat cocok bagi penggemar masakan rasa pedas. Selain berjualan hanya pada hari Minggu, Lontong Sayur Kaki Lima Bu Agus juga sering melayani pesanan untuk tasyakuran (hajatan) maupun acara-acara di perkantoran. Pesanan bisa dilayani dengan nomor 0878-3117-3989.
[ Via: yokeepo ]


Keepo collections:
Wisata