yoKeepo: Media alternatif untuk yg muda dan kepoyoKeepo



Home / Kini / Hijau / Tanam Mangrove, cara unik Accor Group peringati Hari Kartini

Tanam Mangrove, cara unik Accor Group peringati Hari Kartini

±Selasa, 22 April 2014
Tanam Mangrove, cara unik Accor Group peringati Hari Kartini - Karyawan jaringan Accor Group di Kota Semarang, yaitu Novotel, Ibis Budget dan Ibis Simpang Lima, melakukan penanaman pohon Mangrove bertepatan Hari Kartini.

Karyawan jaringan Accor Group di Kota Semarang, yaitu Novotel, Ibis Budget dan Ibis Simpang Lima, melakukan penanaman pohon Mangrove bertepatan Hari Kartini. (Foto: novotel/dok.)

Accor Group seluruh Indonesia, pada tanggal 21 April 2014 ini menggelar kegiatan peduli lingkungan. Kegiatan yang digelar berbarengan dengan peringatan Hari Kartini itu disebut 'Planet 21’. Di Kota Semarang, Jawa Tengah, grup yang terdiri dari Novotel, Ibis Budget dan Ibis Simpang Lima, bersama-sama melakukan penanaman pohon mangrove. Sekitar 3500 bibit pohon Mangrove ditanam di kawasan Kelurahan Mangunharjo dan Mangkang, Kecamatan Tugu.

Tim Novotel dan Ibis berbaur dengan penduduk dan menanam ke-3500 pohon mangrove itu bersama-sama. Kegiatan dimulai pukul 08.00 sampai sekitar pukul 10.00 WIB. Pohon-pohon itu ditanam teratur di satu area yang sudah disediakan penduduk sekitar. "Menanam mangrove memang sudah jadi salah satu agenda rutin Accor Group, terutama di Semarang," ungkap Audrey Stella Tendean, Public Relations Coordinator Novotel Semarang.

Menurutnya, kegiatan yang sudah tiga kali dilaksanakan ini punya sejumlah tujuan. Diantaranya, untuk melestarikan lingkungan pesisir dan mencegah terjadinya rob atau abrasi air laut di sekitar kawasan pemukiman penduduk. Tidak hanya itu, buah dari hasil tanaman mangrove ini dapat dimanfaatkan untuk berbagai macam kebutuhan. "Misalnya digunakan sebagai bahan dasar olahan makanan, pewarna batik, dan macam-macam manfaat yang lain," jelas Stella.

Hadir pada kegiatan itu, Hotel Manager Ibis Budget, Bambang Pramushinto mewakili para General Manager dari ketiga hotel Accor Group. Dikatakannya, kegiatan ini bakal dilakukan berkala dan berkelanjutan, terutama di kota Semarang. Dalam sambutannya pagi tadi, kata Audrey Stella Tendean, Bambang berharap nantinya hasil dari 3500 pohon yang ditanam, dapat dinikmati oleh generasi penerus.

Accor Group adalah salah satu operator hotel terkemuka di dunia dan group hotel internasional terbesar di Asia Pasifik dan Indonesia. Bulan Januari 2014 lalu, Accor memulai beroperasinya ibis Surabaya Basuki Rachmat,  yang merupakan hotel ke-1000 dalam jaringan internasionalnya. 
[ Via: novotelsemarang ]